Bus Putra Rafflesia Bawa Santri dari Bengkulu Kecelakaan di Lampung

LAMPUNG, bengkuluekspress.com – Kecelakaan tunggal terjadi di Pemangku Kerudang, Pekon Waysindi Utara, Kecamatan Karyapenggawa, Pesisir Barat sekitar pukul 04.30 WIB, Kamis (2/1). Bus PO Putra Rafflesia B 7779 BGA yang membawa rombongan santri yatim piatu Duta Hadits asal Bengkulu nyaris masuk jurang.

Awalnya, bus yang membawa 54 penumpang ini hendak menuju Jakarta. Santri yang berangkat ini merupakan anak-anak yatim piatu dari sejumlah panti asuhan yang telah menghafalkan 40 hadits. Keberangkatan mereka merupakan program dari Wali Kota Bengkulu.

Ketua rombongan Ustad Syafril Basyarudin mengatakan, kecelakaan terjadi cukup cepat. Diduga pengemudi tidak bisa mengendalikan kendaraan di jalan yang menurun dan menikung.

“Kendaraan melaju dengan pelan dari arah Bengkulu menuju Bandarlampung. Namun saat tiba di lokasi kejadian, mungkin pengemudi tidak bisa mengontrol laju kendaraan sehingga tetap lurus dan nyaris masuk jurang yang ada sungai,” kata Syafril kepada radarlampung.co.id (grup Bengkulu Ekspress).

Beruntung, bus tidak masuk sungai. Namun begitu, badan bus sudah menggantung. Para penumpang kemudian dievakuasi dan dibawa ke Rumah Makan Jendela Alam, tidak jauh dari lokasi.

Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal menyempatkan diri melihat kondisi para korban. Pada kesempatan itu, ia meminta seluruh santri tetap melanjutkan perjalanan dan banyak-banyak berzikir.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Dishub untuk melakukan pengawalan sampai Bandarlampung. Dari Bandarlampung sampai Bakauheni akan dikawal Dishub provinsi. Saya berusaha memastikan seluruh santri selamat sampai tujuan,” kata Agus. (ygi/ais)