Bupati: Visi-Misi SAHE Harus Masuk RPJMD

Bupati Rejang Lebong saat membuka Musrenbang RPJMD Kabupaten Rejang Lebong tahun 2021-2026 Kamis (10/6). Dalam kegiatan tersebut, bupati meminta visi dan misinya bersama Wakil Bupati masuk dalam RPJMD.

CURUP, bengkuluekspress.com – Dalam penyusunan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Rejang Lebong tahun 2021-2026, Bupati Rejang Lebong berharap visi dan misinya bersama Wakil Bupati Rejang Lebong bisa masuk semua dalam RPJMD.

“Harapan saya tidak banyak, yaitu semua visi dan misi kami pasangan Syamsul Hendra (SAHE) masuk dalam RPJMD ini,” sampai Bupati Rejang Lebong, Drs Syamsul Effendi MM usai membuka Musrenbang Penyusunan RPJMD Kabupaten Rejang Lebong tahun 2021-2026 di ruang Pola Pemkab Rejang Lebong Kamis (10/6) kemarin.

Dijelaskan Bupati, pentingnya visi dan misi mereka masuk dalam RPJDM Kabupaten Rejang Lebong tahun 2021-2026 tersebut, karena menurutnya akan mustahil visi dan misi tersebut bisa mereka realisasikan tanpa dimasukkan ke dalam RPJMD.

Oleh karena itu, dalam penyusunan RPJMD Kabupaten Rejang Lebong tersebut ia berharap para OPD, tokoh masyarakat, organisasi dan pihak terkait lainnya yang ikut dalam kegiatan tersebut bisa menyampaikan usulan sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong.

“Saya harap OPD yang ada di Kabupaten Rejang Lebong harus memposisikan visi dan misi kami menjadi prioritas,” paparnya.

Lebih lanjut bupati menjelaskan, setelah disusunnya RPJMD ini nanti maka akan ada legalitasnya yaitu akan diparipurnakan di DPRD Rejang Lebong. Bupati berharap saat dibawa ke DPRD Rejang Lebong RPJMD Kabupaten Rejang Lebong tersebut tidak dipersoalkan lagi karena dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh FKPD Kabupaten Rejang Lebong.

Sementara itu, Ketua DPRD Rejang Lebong Mahdi Husein SH mengajak seluruh pihak untuk mendukung program Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong. Bahkan menurutnya DPRD Rejang Lebong akan mendukung program Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong tersebut.

“Untuk RPJMD ini sebagai patokan pembangunan ke depannya akan segera kita sahkan melalui paripurna paling lambat 3 Agustus mendatang,” tegas Mahdi.

Dalam kesempatan tersebut, Mahdi juga mengajak seluruh OPD yang ada di Kabupaten Rejang Lebong untuk mensukseskan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong dengan memprioritaskan visi dan misi mereka dalam program kegiatan. Kemudian ikut membantu mencari dana dari pusat dan tidak berpatokan pada DAU maupun DAK saja.

“DPRD juga akan membantu mencari pormulasi anggaran untuk mensukseskan visi dan misi bupati ini, karena kita lihat semua programnya positif semua yaitu untuk mensejahterakan masyarakat,” sampai Mahdi.

Di sisi lain, Kepala Bappeda Kabupaten Rejang Lebong, Dr M Asli SKep MKES menjelaskan kegiatan Musrenbang yang dilaksanakan kemarin adalah untuk melakukan sinkronisasi dan harmonisasi program pemerintah pusat, pemerintah Provinsi Bengkulu dan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong selama lima tahun kedepan.

“Forum Musrenbang ini mempunyai arti penting, karena seluruh pemangku kepentingan dapat berpartisipasi melakukan penajaman, penyelarasan dan klarifikasi terhadap seluruh rencana program pembangunan daerah,” terang Asli.

Lebih lanjut ia menjelaskan, sasaran yang diharapkan dari kegiatan tersebut adalah diperolehnya masukan dan saran yang kemudian ditunagkan dalam berita acara kesepakatan sebagai bahan perbaikan dan penyempurnaan rancangan RPJMD yang nantinya menjadi rancangan akhir RPJMD Kabupaten Rejang Lebong sebagai pedoman dalam mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong. (251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*