Bupati Umroh, RAPBD Dikebut

Maryadi PKSKEPAHIANG, BE – Setelah menerima pemberitahuan bahwa dekat Bupati Kepahiang Drs H Bando Amin C Kader MM akan menunaikan inadah umroh ke tanah suci Mekkah, kemarin (12/2) Badan Musyawarah (Banmus) DPRD terpaksa merevisi sejumlah jadwal agenda dewan. Banmus berpotensi akan mempercepat agenda rapat paripurna pengesahan RAPBD 2013.

“Dalam rapat Banmus tadi (kemarin, red) ada beberapa jadwal yang direvisi. Seperti paripurna pengesahan RAPBD . Sebelumnya paripurna dijadwalkan 27 Februari, tapi terpaksa kita percepat 16 Februari. Ini mengingat bupati akan umroh, sedangkan kehadiran bupati memang diperlukan,” ungkap anggota Banmus, Maryadi  kemarin (12/2).

Dilanjutkan Maryadi, sebelum melakukan revisi tersebut, terdapat sejumlah pertimbangan, diantaranya menyangkut pembahasan RAPBD itu sendiri yang saat ini masih terus berjalan. Sehingga ditarget sebelum rapat paripurna digelar, pembahasan RAPBD itu dikebut hingga dapat diselesaikan. “Kita mengetahui bupati akan umroh. Setelah protokeler memberi tahhu, kita pun langsung berkoordinasi dengan kawan-kawan di Badan Anggaran,” kata Maryadi.

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRD, H Zurdinata MM dikonfirmasi, mengatakan pihaknya tetap menargetkan sebelum pelaksanaan paripurna 16 Februari mendatang, pembahasan RAPBD sudah selesai dilakukan. “Hingga saat ini pembahasan anggaran yang belum dilakukan Banggar cuma 3 SKPD lagi. Yakni, Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) dan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertransos),” kata Zurdinata.

Terpisah, Kasubbag Protokol Pemkab Kepahiang, Dina Betra Sari SE tak menampikkan keberangkatan bupati ke tanah suci itu. “Surat izin kepada gubernur menyangkut keberangkatan bupati ke tanah suci sudah kita sampaikan. Berdasarkan surat izin dimulai tanggal 20 Februari hingga 5 Maret. Namun Bupati berangkat dari Kepahiang ini tanggal 17 Februari mendatang,” katanya. (505)