Bupati Seluma Pastikan Februari Pelantikan JPT

Bupati Seluma memberikan SK pada 165 CPNS Seluma.

TAIS, bengkuluekspress.com – Kemarin (11/1), Bupati Seluma H Bundra Jaya SH MH menegaskan jika pelantikan Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama yang telah diseleksi 31 Agustus 2020 lalu, paling lambat dilakukan Februari mendatang. Pasalnya, hari ini bupati memerintahkan BKPSDM untuk menjemput rekomendasi ke Kementerian Dalam Negeri. Setelah PLT tidaklah boleh lama dan mengambil kebijakan pun tidak bisa leluasa.

“Jelas hari ini sudah saya perintahkan BKPSDM untuk menjemput rekomendasinya insyaAllah apapun yang terjadi bulan Februari akan kita lantik JPT,” tegas Bupati Seluma.

Jangan sampai pelantikan JPT ini setelah pelantikan bupati terpilih. Mengingat seleksi JPT sudah dilakukan jauh sebelum Pilkada. Ini juga diperkuat dengan Surat Edaran nomor 820/6923/SJ tantang larangan penggantian pejabat di lingkungan Pemda Provinsi dan Kabupaten Kota yang menyelenggarakan Pilkada serentak tahun 2020.

Hal itu menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 270/3762/SJ tanggal 29 Januari 2020 tentang Penegasan dan Penjelasan Terkait Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020. Khususnya berkenaan dengan penggantian pejabat di lingkungan pemerintah daerah provinsi. kabupaten dan kota yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020.

“Ini dalam rangka tertib administrasi penyelenggaraan pemerintahan daerah di lingkungan pemerintah daerah mengusulkan persetujuan tertulis penggantian pejabat di lingkungan pemerintah daerah,” tegasnya.

Diketahui, Pelantikan Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama ke-6 jabatan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemda Seluma baru belum juga dilakukan hingga detik ini. Pasalnya, hasil JPT sudah ada dan telah ada nama-nama yang akan menempati posisi jabatan yang saat ini ditempati oleh Plt.
Diketahui enam jabatan yang kosong saat ini diantaranya jabatan Asisten II, jabatan Kepala Dinas Sosial, Kepala Kesbangpol, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kepala Dinas Perikanan, dan Kepala Dinas Pertanian.

165 CPNS Terima SK
Sementara itu, kemarin sebanyak 165 orang menerima Surat Keputusan (SK) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Seluma yang lulus seleksi tahun 2019 lalu. Pembagian SK secara simbolis oleh Bupati Seluma Bundra Jaya di halaman kantor Bupati Seluma, dengan penerapan Prokes, Senin 11 Januari 2021.
Kepala BKPSDM Seluma, Ikhwan mengatakan bahwa sebanyak 165 orang yang menerima SK CPNS tersebut dibagi dua sesi. Yang mana 50 menerima secara simbolis oleh Bupati Seluma dan 115 secara bergantian diserahkan di kantor BKPSDM Seluma.

“Sudah dibagikan tadi dibagi dua sesi, sesi pertama 50 orang yang diberikan secara simbolis oleh bupati, sisanya diberikan di kantor,” kata Ikhwan kepada wartawan.

Lanjutnya, setelah pembagian SK ini seluruh CPNS langsung mulai bekerja, karena posisi dan penempatan sudah ada. “Langsung bekerja, karena TMTnya 1 Desember lalu,” ujar Ikhwan.

Sementara itu Bupati Seluma, Bundra Jaya menegaskan untuk CPNS yang berasal dari luar provinsi untuk dapat mengabdi di Kabupaten Seluma, jangan berharap cepat pindah ke daerah asal.

“Mereka buat surat pernyataan, setidaknya 10 tahun baru bisa mengajukan pindah. Kalau belum, tidak akan di acc. Sehingga mereka harus bekerja sebaik mungkin untuk pelayanan dimasyarakat,” tegas Bundra. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*