Bupati RL Bagi Reward ke Siswa

CURUP, BE – Puluhan siswa tingkat Sekolah Dasar/MI serta SMP/MTs di Kabupaten Rejang Lebong (RL), sekitar pukul 10.30 WIB Selasa (25/6) mendapatkan reward berupa uang bernilai puluhan juta dari Pemerintah Kabupaten RL. Reward ini diserahkan langsung Bupati RL H Suherman SE MM di rumah dinas Bupati pada peringatan Isra Mi’raj.

IMG_2089ut diantaranya siswa peraih nilai UN tertinggi SD tingkat kabupaten dengan hadiah peringkat pertama Rp 10 juta, peringkat kedua Rp 7,5 juta dan peringkat ketiga Rp 5 juta. Selajutnya peraih nilai UN tertinggi SMP tingkat kabupaten dengan hadiah peringkat pertama Rp 10 juta, peringkat kedua Rp 7,5 juta dan peringkat ketiga Rp 5 juta.

Reward juga diberikan kepada peraih nilai UN tertinggi SD tertinggi per-kecamatan di 15 kecamatan. Masing-masing Rp 500 ribu untuk peringkat pertama, Rp 400 ribu peringkat ke dua dan Rp 300 ribu. Serta peraih NEM tertinggi SMP di Kecamatan Curup Kota, Curup Timur, Curup Selatan, Curup Tengah, Curup Utara masing-masing Rp 500 ribu untuk peringkat pertama, Rp 400 ribu untuk peringkat ke dua dan Rp 300 ribu untuk peringkat ke tiga.

Selanjutnya untuk tingkat madrasah, MI dan MTs juga didukung oleh Kantor Kementerian Agama RL. “Untuk tingkat SMP sengaja kita ambil 5 kecamatan, karena masih ada beberapa kecamatan yang hanya memiliki 1 SMP, sehingga belum ada pembanding. Berbeda kalau tingkat SD dimana masing-masing kecamatan sudah memiliki beberapa sekolah dasar.

Namun InsyaAllah dengan pembangunan sekolah yang digalakkan pemerintah reward peraih nilai UN tertinggi tingkat SMP akan kita bagikan di setiap kecamatan, jika bupatinya nanti memiliki program yang serupa,” tegas Yamin.
Selain kepada siswa, reward juga diberikan kepada pihak sekolah yang berhasil meluluskan siswa dalam Ujian Nasional (UN) 100 persen, dan meluluskan siswa perain nilai UN tertinggi tingkat kabupaten. “Untuk sekolah yang siswanya lulus 100 persen, terus ada salah satu siswa meraih nilai UN tertinggi Kabupaten, kita juga berikan uang senilai Rp
12 juta,” kata Yamin.

Diungkapkan Yamin, reward yang diberikan kepada siswa tersebut berumber dari APBD tahun anggaran 2013, karenanya pemerintah mengapresiasi atas dukungan anggaran dari para wakil rakyat terhadap usulan program pemerintah tersebut. “Karena pemberian reward bagi siswa SD, hingga peringkat ke 3 tersebut baru tahun ini dilakukan.
Kita harapkan akan meningkat nantinya, karena hadiah tersebut cukup membantu siswa kurang mampu dan berprestasi untuk membeli kebutuhan sekolah,” tegas Yamin.

Di bagian lain, Bupati RL H Suherman SE MM dalam arahannya mengungkapkan harapan, agar para siswa yang mendapatkan hadiah atas prestasi yang telah diraih untuk tidak berpuas diri dan terus mengembangkan diri untuk belajar. “Kalau cepat puas diri dan bangga, kita tidak akan berkembang maju. Teruslah belajar untuk memperoleh
prestasi lebih atau minimal mempertahankan prestasi yang sudah diraih,” pinta Bupati. (999)