Bupati Rejang Lebong Galau, Target PBB Tak Tercapai

Ary, Penyerahan SPPT PBB P2 (2)
ARY/Bengkulu Ekspresds Bupati Rejang Lebong saat menyerahkan secara simbolis SPPT PBB P2 kepada Camat Padang Ulang Tanding.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Bupati Rejang Lebong DR (HC) H A Hijazi SH MSi merasa kecewa dengan realisasi PBB di Rejang Lebong yang tak pernah tercapai 100 persen. Hal tersebut disampaikannya saat sosialisasi dan penyampaian Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan Perkotaan (PBB-P2) di Ruang Pola Pemkab Rejang Lebong Rabu (25/5) kemarin.

“Saya galau realisasi PBB tak pernah sampai 100 persen. Seperti tahun 2015 lalu dari target sebesar Rp 1,3 miliar hanya terealisasi sekitar Rp 900 juta,” ungkap bupati.

Tak tercapainya target realisasi tersebut menurut bupati karena beberapa faktor, salah satunya adalah karena kurangnya komunikasi pejabat kecamatan, desa dan lurah dengan masyarakat. Hal tersebut juga dikarenakan para pejabat yang ada sering tidak ada ditempat terutama camat. “Pejabat yang sering tidak ditempat ini terutama camat,” tegas bupati.

Untuk tahun 2016 ini bupati meminta agar camat, kades dan lurah untuk lebih lagi dalam melakukan pendekatan kepada masyarakat. Ia meminta agar sosialisasi PBB ini tidak hanya dilakukan sekali saja namun dilakukan berulang kali, bukan hanya dikantor namun juga dibeberapa kesempatan-kesempatan yang ada di masing-masing daerah.

“Mohon masalah ini dijadikan perhatian, pendekatan harus lebih diintensifkan kepada masyarakat sehingga tahun ini target kita tercapai,” pinta bupati.

Lebih lanjut bupati menjelaskan, tahun 2016 ini merupakan tahun perubahan, ia berkomitmen akan melakuka perubahan sebaik mungkin di Rejang Lebong dengan mematuhi dan menaati peraturan yang berlaku. Kedepannya ia juga akan ikut berkoordinasi dan berinteraksi dengan masyarakat sehingga realisasi PBB di Rejang Lebong bisa tercapai sesuai target.

“Dalam melakukan penagihan PBB ini antara camat dan lurah maupun Kades harus bersinergi,” jelasnya.

Untuk diketahui realisasi PBB di Rejang Lebong tahun 2015 lalu sebesar Rp 997,462 miliar atau hanya terealisasi sebesar 75, 4 persen dari target sebesar Rp 1,321 miliar. Realisasi terbesar ada di Kecamatan Kota Padang sebesar 99,5 persen yaitu sebesar Rp 24,224 juta dari target sebesar RP 24,226 juta. Sedangkan realisasi terkecil ada di Kecamatan Curp tengah yaitu hanya sebesar 57 persen atau terealisasi sebesar Rp 211,905 juta dari target sebesar Rp 366,230 juta.

Sementara itu, untuk tahun 2016 ini target PBB di Kabupaten Rejang Lebong sebesar Rp 2,432 miliar dengan jumlah SPPT WP sebanyak 80.329 kepala keluargaa. Target terbesar ada di Kecamatan Curup Tengah sebesar Rp 666,369 miliar. Sedangkan target terkecil ada di kecamatan Sindang Beliti Ilir sebesar Rp 21,603 juta.(251)