Bupati Pangkas 1000 Kegiatan OPD

Gusnan Mulyadi SE MM

Demi Perbaikan SAKIP

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi SE MM mengaku saat ini terus melakukan pembenahan. Terlebih lagi, penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Bengkulu Selatan hanya C dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI). Oleh karena itu, dengan adanya pembenahan SAKIP ini, dirinya optimis banyak item kegiatan di organisasi perangkat daerah (OPD) yang terpangkas.

“ Adanya pembenahan SAKIP ini, saya optimis ada 500 hingga 1000 item kegiatan terpangkas,”katanya.

Menurut Gusnan nilai C yang didapat Bengkulu Selatan pada SAKIP ini lantaran selama ini banyak kegiatan yang tidak jelas hingga menguras anggaran. Sebab banyak kegiatan di OPD yang tidak jelas arahnya. Hingga akhirnya tidak efektif dalam peningkatan kesejahteraan warga Bengkulu Selatan. Oleh karena itu, di akhir pemerintahan Dirwan-Gusnan dirinya akan fokus melakukan pembenahan.



“ Jika kita serius dalam pembenahan agar Penilaian SAKIP bisa meningkat, saya yakin kita bisa berhemat miliaran rupiah,” ujarnya.

Oleh karena itu, Gusnan meminta semua OPD di lingkungan Pemda Bengkulu Selatan dapat melakukan pembenahan. Sehingga ke depan, selain nilai SAKIP meningkat, kegiatan yang dilakukan Bengkulu Selatan akan lebih terarah dan akhirnya mampu memberikan dampak positif bagi peningkatankesejahteraan warga Bengkulu Selatan.“ kepada semua pejabat saya minta agar bekerja maksimal untuk perbaikan penilaian SAKIP ini,” imbaunya.

Untuk peningkatan kinerja, Gusnan juga meminta Sekda Bengkulu Selatan dan para kepala OPD dapat selalu berkoordinasi dengan DPRD Bengkulu Selatan. Sehingga nantinya dapat bersama-sama dalam melakukan pembenahan. Sehingga ke depan Bengkulu Selatan yang elok, maju, aman dan sejahtera (EMAS) terwujud.“ Saya minta Sekda dan semua kepala OPD, terus berkoordinasi dengan DPRD Bengkulu Selatan, sehingga Bengkulu Selatan EMAS bisa kita wujudkan,” harap Gusnan.

Ketua DPRD Bengkulu Selatan, Yevri Sudianto mengatakan, DPRD Bengkulu Selatan mendukung Bupati Bengkulu Selatan dalam melakukan pembenahan. Sehingga cita-cita mewujudkan Bengkulu Selatan EMAS bisa tercapai. Dirinya berharap,ada peningkatan kinerja, sehingga selain adanya peningkatan SAKIP ini, dalam pengelolaan keuangan dan penyelenggaraan pemerintahan Bengkulu Selatan bisa meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP).

“ Untuk kemajuan Bengkulu Selatan, DPRD Bengkulu Selatan mendukung program pembangunan Saudara Bupati, kami juga berharap masa pemerintahan Dirwan-Gusnan Bengkulu Selatan bisa meraih predikat WTP,” ujar Yevri. (369)