Bupati Minta Setiap Desa Bangun PAUD

IST/BE
Bupati Rejang Lebong saat meresmikan Gedung PAUD Matahari di Desa Air Lanang Kecamatan Curup Selatan Rabu (22/1) kemarin.

CURUP, bengkuluekspress.com – Bupati Rejang Lebong DR H A Hijazi SH MSi menilai keberadaan PAUD untuk mendidik generasi muda sangat penting. Oleh karena itu bupati mengimbau seluruh desa di Kabupaten Rejang Lebong bisa membangun PAUD.”Saya mengajak seluruh desa untuk membangun PAUD, karena PAUD bukan hanya tempat pendidikan formal namun juga non formal, seperti mengaji, salat hingga pengetahuan lainnya termasuk pengetahuan adat,” sampai bupati saat meresmikan Gedung PAUD Matahari di Desa Air Lanang Kecamatan Curup Selatan Rabu (22/1) kemarin.Bahkan dalam kesempatan tersebut, bupati juga berjanji, bila seluruh desa di Kabupaten Rejang Lebong memiliki PAUD seperti yang dimiliki oleh Desa Air Lanang tersebut, maka ia akan memasukkan honor untuk guru PAUD dalam APBD Kabupaten Rejang Lebong.

“Karena APBD 2020 sudah berjalan, sehingga nanti bisa kita masukkan dalam APBD 2021 mendatang,”terang bupati.

Lebih lanjut Hijazi menjelaskan, dalam masa kepemimpinannya ia selalu mengutamakan pendidikan, karena dengan pendidikan menurut bupati Rejang Lebong kedepannya akan semakin maju, karena mereka yang didik saat ini yang akan menerima tongkat estapet kepemimpinan di Kabupaten Rejang Lebong.Namun menurut bupati, meskipun Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong mengutamakan pendidikan, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong juga tidak meninggalkan kesehatan dan akhlak bagi generasi penerus. Karena menurut bupati bagaimana anak-anak akan menuntut ilmu kalau mereka tidak sehat.

“Selain itu, pendidikan tanpa akhlak juga salah karena meskipun anak-anak kita pintar namun tak memiliki akhlak maka bisa membawa kerusakan,” ungkap bupati.Terkait dengan pembangunan PAUD di desa, dalam kesempatan tersebut, bupati meminta seluruh camat dan kepala desa untuk bisa membangun PAUD didesa mereka menggunakan dana desa, karena memang menurutnya bupati dalam aturan dibenarkan untuk membangun PAUD menggunakan dana desa untuk menjamin pendidikan anak-anak didesa tersebut.

“Kita akan mendorong, mengajak dan sekaligus menghimbau serta mengintervensi. Karena pendidikan sangat penting sesuai dengan instruksi presiden, bahwa SDM unggul Indonesia maju. Dimana unggul pada kecerdasan dan mempunyai kemampuan untuk berinteraksi dengan lingkungan melalui pendidikan,” jelas bupati.Dalam kesempatan tersebut, dengan telah diresmikannya PAUD Matahari di Desa Air Lanang tersebut, bupati meminta kepada seluruh masyarakat untuk bisa menjaga dan memanfaatkan gedung tersebut dengan baik. Masyarakat juga diharapkan untuk mendorong anak-anak mereka agar mau bersekolah. (251)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*