Bupati Minta KONI Fokus Prestasi

ASRI/BE
ARAHAN:Bupati BS memberikan arahan saat rapat bersama dengan pengurus KONI dan pengcab di ruang rapat kantor Bupati BS, Selasa (28/1).

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Bupati Bengkulu Selatan (BS) Gusnan Mulyadi SE MM, meminta Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) BS dapat bekerja maksimal dalam memajukan olahraga di BS. Dengan fokus mengejar prestasi. Tujuannya agar kedepan prestasi olahraga di BS semakin meningkat.

“Kepada pengurus KONI yang baru dilantik, fokuslah dalam mengejar prestasi olahraga,” kata Gusnan saat rapat koordinasi dengan pengurus KONI BS di ruang rapat kantor Bupati BS, Selasa (28/1).

Untuk meningkatkan prestasi olahraga tersebut, sambung Gusnan, Pemda BS sudah menyediakan anggaran KONI sebesar Rp 1 miliar. Namun demikian, dirinya berharap, agar KONI dan Seluruh Pengcab tidak semata-semata bekerja tergantung dengan anggaran. Sebab banyak hal yang bisa dilakukan meski tidak didukung anggaran yang besar.“Anggaran KONI sebesar Rp 1 miliar, jangan sampai prestasi olahraga di BS tidak ada perubahan,” ujarnya.

Dikatakan Gusnan, jangan sampai nanti keberadaan KONI dan Pengcab olahraga di BS hanya membebani anggaran tanpa adanya prestasi. Nantinya terkesan, pengcab dan KONI hanya sarana untuk mengambil anggaran daerah saja. Nanti Pemkab meminta Inspektorat mengaudit rutin terhadap semua anggaran yang sumbernya dari keuangan negara termasuk dana KONI.“Gunakannya anggaran tersebut untuk pembinaan olahraga di BS jangan sampai terjadi penyimpangan. Sebab, nanti penggunaan dana tersebut akan diaudit inspektorat,” bebernya.

Dalam pembinaan olahraga, selain membina generasi muda di BS, Gusnan juga meminta KONI dapat menginventarisir seluruh atlet BS yang saat ini berada di luar daerah. Pasalnya, banyak atlet BS yang berprestasi, seperti ada atlet panahan yang sudah ke nasional, renang, takraw, ada yang tarung bebas dan lain sebagainya. “Atlet di luar yang sudah berprestasi harus didata kembali untuk nantinya tetap mengharumkan nama BS,” tandas Gusnan.

Ketua KONI BS Susga Anwar mengaku siap mewujudkan harapan Bupati BS tersebut. Dirinya mengatakan, program jangka pendek KONI BS saat ini menghadapi Pekan Olahraga Provinsi yang direncanakan akan digelar pada Bulan Juni nanti. Pada Porprov nanti melihat atlet BS yang mana yang berprestasi, sehingga menjadi bahan evaluasi untuk pembinaan ke depan.“Dari pergelaran Porprov nantimenjadi salah satu indikator untuk menentukan Cabang Olahraga unggulan,” ujar Susga Anwar. (369)