Bupati Mian Teken Komitmen Percepatan Pencegahan Stunting

ARGA MAKMUR, Bengkuluekspress.com – Sebagai upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara (BU) Provinsi Bengkulu, berkomitmen melakukan upaya percepatan pencegahan anak kerdil (stunting). Hal ini terbukti Bupati BU Ir H Mian Rabu malam (3/7) di Jakarta melakukan penandatanganan pernyataan Komitmen Pelaksanaan Percepatan Pencegahan Stunting bersama dengan Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan, Bambang Widianto.

“Ya ini bentuk keseriusan kepala daerah sebagai penanggung jawab pelaksanaan dalam percepatan mengatasi stunting di BU,” kata Bupatu Mian kepada bengkuluekspress.com, usai penandatanganan komitmen, Rabu malam (3/7).

Mian menambahkan, adapun isi dari komitmen yang harus dipenuhi dalam pengentasan stunting. Pertama, melaksanakan perternuan daerah percepatan pencegahan anak kerdil (stunting) bersama dengan seluruh organisasi perangkat daerah, camat, kepala desa, dan pihak terkait lainnya.

Kedua, melakukan aksi konvergensi/integrasi program dan kegiatan yang terkait dengan percepatan pencegahan anak kerdil (stunting) di daerah. Berikutnya, ketiga, melakukan pengumpulan dan publikasi data anak kerdil (stunting), serta program percepatan yang sudah dilakukan secara berkala, dan menggunakan data sebagai dasar untuk melakukan perbaikan program. Kemepat, menyusun kebijakan kampanye perubahan perilaku dan komunikasi antar pribadi untuk percepatan pencegahan anak kerdil (stunting).Kelina, meningkatkan peran desa dalam melakukan konvergensi percepatan pencegahan anak kerdil (stunting) di desa.

“Seperti yang sudah menjadi komitmen, hal ini tentu tidak bisa dilaksanakan oleh satu organisasi, namun membutuhkan kerja sama seluruh OPD hingga jajaran di desa, agar pengentasan stunting ini bisa berjalan dengan baik di Bengkulu Utara,” tandasnnya.(127)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*