Bupati Mian Sambut Mahasiswa KKN UGM

APRIZAL/Bengkulu Ekspress Usai melakukan pemyambutan Bupati Bengkulu Utara Ir H Mian beserta Wabup dan Kepala OPD terkait bersama Mahasiswa KKN UGM mengabdikan moment tersesbut dengan foto bersama

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress– Sebanyak 27 mahasiswa dari sejumlah fakultas dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Kabupaten Bengkulu Utara (BU). Kedatangan para mahasiswa UGM tersebut disambut oleh Bupati Bengkulu Utara Ir H Mian didampingi Wabup Bengkulu Utara Arie Septia Adinata, SE MAP dan Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Fahrudin beserta seluruh kepala OPD terkait, bertempat di Balai Daerah, kemarin (1/7).

Dihadapan para mahasiswa, Bupati Mian menjelaskan selayang pandang kondisi Kabupaten BU. Mian mengucapkan terima kasih kepada UGM yang telah menerjunkan mahasiswanya KKN ke Kabupaten BU, sebagai wujud komitmen UGM dalam mendukung pembangunan bangsa.



“Pelaksanaan KKN perlu dimaknai sebagai sebuah proses pembelajaran. Dengan harapan para mahasiswa benar-benar mampu mengabdikan diri kepada masyarakat dengan turun langsung secara nyata di tengah masyarakat untuk mendidik, memberikan pemberdayaan, berbagi ilmu terkini terhadap situasi dan kondisi saat ini, serta memberikan ilmu yang didapat dari universitas,” kata Mian.

Mian menambahkan, menurutnya peran nyata KKN-PPM UGM diharapkan dapat mendukung upaya Pemkab BU dalam mengembangkan sektor dan potensi unggulan yang ada, serta mampu berinteraksi dengan masyarakat sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki.

“Kepada OPD terkait, camat, dan kepala desa, saya minta agar dapat membantu kelancaran dalam pelaksanaan kegiatan KKN ini. Semoga pelaksanaan KKN ini bisa berjalan dengan sukses dan lancar, serta bisa memberikan kontribusi positif bagi pembangunan Kabupaten Bengkulu Utara,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Diskertrans) Fahrudin, bahwa nantinya mahasiswa KKN UGM ini akan ditempatkan khusus di kawasan transmigrasi Kota Terpadu Mandiri Lais Giri Mulya Ketahun (KTM Lagita). Yang merupakan kerjasama antara Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), dan Transmigrasi dengan UGM untuk ditempatkan dikhusus wilayah Taransmigrasi di Kabupaten Bengkulu Utara

“Ya terkait mahasiwa UGM yang KKN di Kabupaten Bengkulu Utara ini meruppakan suatu wujud kerjasama antara Kementerian Desa PDT dan UGM, untuk melakukan KKN di wilayah Transmigrasi yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara,” ungkap Fahrudin.

Lebih lanjut Fahrudin menyampaikan bahwa tujuan penempatan mahasiswa KKN di kawasan transmigrasi ini, diharapkan para mahasiswa tersebut dapat berperan sebagai fasilitator dan motivator demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di kawasan transmigrasi.”Sebagaimana yang kita ketahui bahwa pemerintah daerah Kabupaten BU sekarang sedang giat-giatnya untuk membangun kawasan transmigrasi,” terangnya.

Disamping itu, Koordinator Unit KKN-PPM UGM Bengkulu Utara Genta Darma Maulya mengatakan, dirinya mengucapkan terimakasih atas sambut baik dari pemkab Bengkulu Utara, serta dirinya bersama seluruh mahasiswa yang melaksanakan KKN di tahun pertama ini, akan lebih banyak melakukan observasi data dilapangan terlebih dahulu.

“Insha Allah kami berusaha menerapkan serta mengaplikasikan apa yang sudah kami dapatkan di Universitas, tentang metode-metode sebelumnya yang belum pernah kami pakai dalam KKN-PPM ini, Semoga dengan adanya kami disini dapat membantu dan memberika ide-ide bagi masyarakat dalam pembangunan daerah,” terangnya.

Untuk diketahui para mahasiswa UGM ini akan melaksanakan KKN-PPM pada 1 Juli hingga 18 Agustus 2019 di kawasan transmigrasi Kota Terpadu Mandiri Lais Giri Mulya Ketahun (KTM Lagita) kemitraan dengan Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi.(127)