Bupati Lebong Minta Optimalkan Sawah

AMEN,BE-Program panen 2 kali setahun yang gencar digalakkan oleh Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP MSi hingga saat ini ternyata masih belum bisa optimal. Terkait dengan kondisi ini, Bupati pun meminta agar dinas terkait dapat mengoptimalkan pengolahan sawah yang ada di Kabupaten Lebong.

“Dengan program tanam dan panen 2 kali setahun ini kita berharap agar terjadi peningkatan produksi padi, sehingga ikut meningkatkan pendapatan petani di Kabupaten Lebong,” ungkap Bupati kemarin.

Tidak hanya itu saja, lanjut Bupati, menyukseskan program tanam dan panen 2 kali setahun ini tentu banyak sekali tantangan yang dihadapi oleh Pemkab Lebong. Tingkat kehilangan hasil yang cukup tinggi yang mencapai lebih dari 24 persen. Ditambah lagi masih rendahnya kesadaran warga dan kelompok tani untuk menerapkan tanam dan panen 2 kali setahun.

“Termasuk juga kurangnya tenaga kerja saat tanam serentak, kurangnya modal petani, serangan hama. Namun, hal ini tidaklah membuat kita harus berputus asa terhadap upaya yang tengah digalakkan ini. Saya berharap agar dapat dilakukan upaya yang menyeluruh mulai dari penerapan pola tanam, pemanfaatan alat pertanian, dan pemasaran hasil produksi yang baik, sehingga tujuan dari program ini dapat tercapai,” harap Bupati Lebong.

Bupati juga mengajak semua pihak mendukung upaya yang dilakukan Pemkab Lebong saat ini untuk memajukan perekonomian masyarakat melalui peningkatan produktivitas dan produksi beras.

“Apa yang sudah kita raih pada tahun sebelumnya dapat kita pertahankan di tahun ini dan juga ikut meningkatkan pendapatan masyarakat,” harap Bupati.(777)