Bupati Lebong Minta BPD Awasi Pembangunan Desa


ERICK/BE
Lantik : Bupati Lebong Kopli Ansori ketika melantik secara resmi anggota BPD terpilih.

LEBONG, bengkuluekspress.com – Selaku perwakilan dari masyarakat, Bupati Lebong Kopli Ansori meminta kepada Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bisa menjalankan amanah dengan baik, terutama dalam pengawasan pembangunan desa.
Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Lebong Kopli Ansori ketika melantik secara resmi 229 anggota BPD dari 44 desa yang beberapa bulan terakhir telah melaksanakan pemilihan BPD. “Di pundak anggota BPD ada amanah dari masyarakat, sehingga kita berharap mereka bisa bekerja dengan baik,” sampainya, Minggu (01/05).

Menurut Bupati, tugas dan fungsi anggota BPD sendiri cukup banyak, seperti membahas dan menyampaikan rencana Peraturan Desa bersama Kepala Desa (kades), menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, melakukan pengawasan kinerja Kades.
“Untuk tugas smereka yatu mengelola aspirasi masyarakat desa,” ujarnya.
Sementara itu, sambungnya, anggota BPD akan bekerja atau bertugas selama 6 tahun sejak dilantik dan pengambilan sumpah mereka sebagai anggota BPD dengan masa sebagai anggota BPD paling banyak 3 kali secara berturut-turut maupun tidak secara berturut-turut.
“Jadi masa tugas atau bekerjanya cukup lama, jika mereka masih diberikan kepercayaan masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, dari Desa yang ada di Kabupaten Lebong sebelumnya melakukan pemilihan BPD, ada 2 desa yaitu Desa Nangai tayau dan Kota Agung yang anggota BPD nya belum dilantik dan diambil sumpahnya, dikatakan Kopli bahwa hal tersebut dikarenakan adanya kesalahan administrasi.
“Hanya belum masuk ke kita untuk administrasinya, jika pun ada polemik sedikit-sedikit itu biasa saja,” ucapnya.

Bupati menjelaskan, Pemkab Lebong saat ini tinggal menunggu penyelesaian administrasi dari ke-2 desa tersebut. Setelah semuanya selesai dan disampaikan kepada Pemkab Lebong, maka akan dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan.
“Nanti kita lihat administrasinya terlebih dahulu, bisa cepat diserahkan maka cepat juga kita lantik namun jika lama maka kita lihat nanti bagaimana,” tutupnya.(614)