Bupati Lebong Ditunjuk Kemendagri, Jadi Narasumber Webinar Kesiapan Pilkada

Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP MSi

LEBONG, Bengkulueskpress.com – Bupati Lebong, H Rosjonsyah SIp MSi menjadi Bupati satu satunya di Indoneisa mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI), menjadi narasumber webinar kesiapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang akan di laksankan tahun 2020 ini.

Menjadi narasumber dalam menyampaikan kesiapan Pilkada serentak tahun 2020 ini merupakan prestasi tersendiri yang dicapai Bupati Lebong tersebut.

Webinar nantinya akan dilaksankan melalui aplikasi Zoom Meeting hari ini Rabu(10/06) mulai pukul 10.00 WIB yang akan memanfaatkan ruangan Lebong Command Center (LCC).

Pelaksanaan Pilkada telah diatur dalam Undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota. Dimana untuk pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 ini digelar untuk ke-3 kalinya, yaitu dimulai tahun 2015, 2017 dan 2020.

Untuk pelaksanaan Pilkada tahun 2020 ini setidaknya ada sebanyak 270 daerah meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota dan dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 22 September 2020.

Akan tetapi akibat wabah covid-19, pelaksanaan diundur dan akan dilaksanakan pada tanggal 09 Desember 2020. Akibat wabah Covid-19, rangkaian demi rangkaian untuk tahapan Pilkada menjadi tertunda.

Baik itu seperti penundaan Pelantikan Panita Pemungutan Suara (PPS), verifikasi syarat dukungan perseorangan, pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) serta Pemutahiran dan penyusunan daftar pemilih.

Kepala Bagian (Kabag) Protokoler Sekretariat Kabupaten (Setkab) Lebong, Riki Irawan SSos MSI mengatakan, ditunjuknya Bupati Lebong sebagai narasumber Webinar sesuai surat Balitbang Kemendagri nomor 896/1801/LITBANG.

“Atas permintaan tersebut, diketahui hanya Bupati Lebong yang diminta untuk menjadi narasumber,” jelasnya, kemarin (09/06)

Ditunjuknya Bupati sebagai narasumber dalam Webinar nasional merupakan salah satu kebanggaan bagi Lebong yang mana bisa dipercaya pusat untuk menjadi narasumber di depan seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksaan Pilkada di tahun 2020.

“Bapak menjadi satu-satunya Bupati yang ditunjuk sebagai narasumber dan kita telah mempersiapkan semua hal yang akan dibutuhkan,” ucapnya.

Nantinya Bupati akan menyampaiakan materi kesiapan Pemerintah Kabupaten Lebong dalam pelaksanaan Pilkada serentak. Dengan sub materi seperti Problematika, hambatan dan solusi Pemda dalam penyelenggaraan pilkada 2020.

“Mengingat saat ini kita masih dalam bencana nasional menghadapi pandemik wabah covid-19,” sampainya (614/krn)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*