Bupati Lebong dan Wakil Maju Pilkada, Gaji dan Tunjangan Masih Diterima

Sekda Lebong H Mustarani Abidin SH MSi.

LEBONG, bengkuluekspress.com – Meskipun Bupati dan wakil Bupati Lebong cuti karena maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 09 Desember 2020 mendatang, keduanya masih akan tetap mendapatkan gaji dan tunjangan.

Diketahui, dalam pelaksanaan pilkada tahun 2020 ini, Bupati Lebong Dr H Rosjonsyah SIP MSi maju sebagai kandidat wakil Gubernur Provinsi Bengkulu, mendampingi Gubernur Bengkulu saat ini Dr H Rohidin Mersyah MMA. Sementara Wakil Bupati Lebong, Wawan Fernandez kembali maju sebagai kandidiat wakil Bupati Lebong mendampingi Dalhadi Umar.

Dengan majunya kedua pemimpin Lebong pada pilkada tahun 2020 ini dan mengambil cuti selama 71 hari (26 September hingga 05 Desember 2020), maka nantinya jabatan Bupati Lebong akan diisi oleh Penjabat sementara (Pjs) dalam hal ini pejabat eselon II dari Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Lebong, H Mustarani Abidin SH MSi mengatakan bahwa memang untuk gaji dan tunjangan Bupati dan wakil bupati akan masih didapatkan, hal tersebut sesuai dengan peraturan Menetri Dalam negeri (Mendagri) nomor 01 tahun 2018 tentang cuti diluar tanggung jawab Negara.

“Jadi masih didapatkan untuk gaji dan tunjangan, namun untuk fasilitas seperti kendaraan dinas nantinya diserahkan kepada Pjs,” sampainya, Kamis (17/9).

Dimana untuk pengganti Bupati Lebong sendiri, pihaknya sudah membuat surat resmi yang ditujukan kepada Gubernur Bengkulu yang menyatakan bahwa Bupati ikut dalam Pilakda Provinsi dan wakil Bupati ikut dalam pilkada Kabupaten Lebong.

“Surat resminya sudah kita buat dan kita serahkan ke Gubernur,” jelasnya.

Akan tetapi untuk masalah pejabat yang akan ditunjuk sebagai Pjs, pihaknya belum mengetahui siapa. Akan tetapi kemungkinan besar telah disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu, karena nantinya pihak provinsi akan mengusulkan lagi ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Jadi kita tinggal menunggu siapa yang nantinya akan ditunjuk sebagai Pjs,” ucapnya. (erick)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*