Bupati Kecewa Lab Tak Beroperasi

Bupati Ichwan Yunus ketika melihat laboratorium di Lingkungan Hidup yang belum dioperasikan sejak beberapa tahun laluMUKOMUKO, BE – Bupati Drs H Ichwan Yunus CPA MM menegaskan supaya laboratorium yang dilengkapi dengan peralatan segera dioperasikan. “Saya sangat kecewa laboratorium beserta peralatannya lengkap, hanya saja beberapa tahun hingga saat ini belum dioperasikan,” tegasnya.
Peralatan yang ada dilaboratorium itu diantaranya untuk mengukur kadar limbah perusahaan, emisi, maupun kultur tanah. “Peralatan yang ada ini sangat penting dan dibutuhkan. Jika ada kekurangan untuk mengoperasikan peralatan yang ada supaya segera disampaikan dan dilaporkan supaya dapat ditindak lanjuti segera,”katanya.
Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten, Risber A Razak ketika dikonfirmasi Bengkulu Ekspress menyampaikan untuk mengoperasikan laboratorium ini semua sarana dan prasarana semuanya harus siap. Hingga saat ini pihaknya masih terkendala listrik. “Sudah kami ajukan ke pihak PLN supaya memasang kembali kwh khusus untuk mengoperasikan laboratorium tersebut. Hanya saja belum ada realisasi oleh pihak PLN. Apabila laboratorium itu secepatnya dioperasikan salah satu langkah harus dilakukan membeli mesin diesel,” bebernya.
Mengenai tenaga untuk mengoperasikan peralatan yang ada itu, tambah Risber, tidak ada masalah. Pihaknya telah melakukan pelatihan dasar sejumlah tenaga yang bertugas akan mengoperasikan peralatan yang ada tersebut. “ Tenaga tidak ada masalah, listik salah satu kendala utama untuk pengoperasian tersebut,”tutupnya. (900)