Bupati Kaur Rancang Tembak Bius Ternak

Lismidianto

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Masih banyaknya hewan yang berkeliaran dan banyak menyebabkan Laka lantas menjadi perhatian serius Bupati Kaur H Lismidianto SH MH. Menurut Bupati ada beberapa kendala yang terjadi salah satunya yakni kurangnya armada serta peralatan yang dimiliki personilnya.

“Untuk itu saya sepakat memprogramkan tembak bius ternak yang berkeliaran serta menaikkan berlipat ganda denda ternak biar ada efek jera,” kata bupati saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (9/9).

Dikatakan Bupati, Satpol PP juga melaporkan sulitnya menangkap ternak. Sehingga dengan adanya tembak bius maka dapat dengan mudah mengangkut ternak yang berkeliaran. Sebab sebagian besar ternak yang berhasil diamankan yakni ternak yang jinak, sedangkan yang liar sulit untuk ditangkap.

“Nanti ditahun 2022 akan kita upayakan hal ini, jadi harus ada kesadaran masyarakat, kalau denda kecil mereka enggan mengandung ternak,” terangnya.

Ditambahkannya, dimana terkait dengan insiden dipukulnya personil satpol PP Bupati Kaur mengaku sudah mengkompertir antara personil Satpol PP dan juga oknum ASN mantan Pjs Kades tersebut. Hasilnya yang bersangkutan mengaku emosi saat meminta sapinya untuk tidak dibawa dia bersedia membayar denda namun personil satpol PP tetap mematuhi prosedur.

“Dia seorang guru, namun tetap kita berikan sanksi dia wajib apel di kantor Bupati selama beberapa bulan kedepan sembari kita pikirkan sanksi lainnya,” tandasnya. (618)