Bupati Kaur Minta Panitia Pilkades Tak Curang

FOTO BERSAMA: Bupati Kaur H Lismidianto saat foto bersama dengan panitia Pilkades pada acara sosialisasi, regulasi dan simulasi pelaksanaan Pilkades tahun 2021 yang digelar di gedung BDC di Pondok Pusaka, Jum’at (10/9).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Bupati Kaur H. Lismidianto SH MH, mengingatkan kepada 66 panitia pemilihan kepala Desa (Pilkades) untuk netral dalam Pilkades yang akan digelar pada 9 Desember mendatang. Selain tidak curang, panitia juga jangan mengambil kebijakan yang mengangkangi Peraturan Bupati (Perbup) apalagi UU tentang Desa.

Demikian disampaikan bupati dalam sosialisasi regulasi dan simulasi pelaksanaan Pilkades tahun 2021 yang digelar di gedung BDC kawasan Pondok Pusaka oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kaur Jumat (10/9).

“Jangan membuat kebijakan yang bertentangan, pikirkan dampaknya sebelum mengambil keputusan, koordinasikan ke instansi terkait. Juga agar panitia Pilkades, benar-benar cek Administrasi Cakades serta apabila terdapat ASN yang akan mendaftar harus ada surat izin rekomendasi dari atasannya,” terangnya.

Dikatakan bupati, polemik yang terjadi di Desa Jawi Kecamatan Kinal yang perkaranya sampai berlanjut ke PTUN hendaknya menjadi pelajaran bersama. Dimana panitia Pilkades membuat kesepakatan yang bertentangan dengan Peraturan Bupati. Akibatnya terjadi ketidak puasan salah satu pihak. Dalam hal ini panitia juga harus jeli saat menentukan Daftar Pemilih Tetap (DPT) termasuk juga mencoret seseorang dalam DPT.

“Jangan sampai terjadi perselisihan, jadilah panitia yang netral tidak memihak kepada salah satu kandidat. Juga saya berharap dalam pelaksanaannya nanti tidak sampai menimbulkan klaster penyebaran Covid-19 yang baru,” harapnya.

Sementara itu, Plt Kepala DPMD Kaur, Asdiarman SSos juga menyampaikan, dimana kini sudah masuk dalam tahap sosialisasi. Selanjutnya pendaftaran Cakades. Pendaftaran sendiri akan dibuka mulai tanggal 13 hingga 19 September mendatang, sedangkan penetapan nomor urut dan pleno dilakukan pada 10 Oktober nanti. Sementara pelaksanaan pemilihan tetap pada 9 Desember.

“Cakades silakan menyiapkan diri pendaftaran akan segera dibuka, ada 66 desa yang akan menggelar Pilkades serentak, tadi selain sosialisasi kita sudah menggelar simulasi pemilihan dengan panitia Pilkades,” tandasnya.(618)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*