Bupati Kaur Minta Kades Aktif Data Rutilahu

LETAKAN: Bupati Kaur Lismidianto didampingi Baznas Kaur, Kades Camat dan Kepala OPD terkait saat melakukan peletakan batu pertama bedah rumah Desa Pulau Panggung dan Desa Air Kering 1 Kecamatan Pagulir, Kamis (26/8).

PAGULIR, bengkuluekspress.com – Sebanyak 19 unit rumah warga kurang mampu yang tersebar di 15 Kecamatan Kabupaten Kaur dibedah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kaur. Dimana pembangunan bedah Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) ini ditandai dengan peletakan batu pertama di Desa Pulau Panggung dan Desa Air Kering 1 Kecamatan Padang Guci Hilir (Pagulir) itu dilakukan langsung oleh Bupati Kaur H Lismidianto SH MH dan didampingi Ketua Baznas Kaur, H Wahyu Datsi serta Camat, Kades dan Kepala OPD terkait, Kamis (26/8).

“Bedah rumah merupakan salah satu program kita bersama Baznas Kaur. Ini salah satu untuk meningkatkan taraf hidup masyarakatnya dan juga bentuk kepedulian pemerintah kepada warga kurang mampu,” kata Bupati dalam sambutannya disela-sela peletakan batu pertama, Kamis (26/8).

Dalam sambutannya itu, bupati meminta kepada Camat dan Kepala Desa (Kades) agar lebih aktif mendata rumah warganya yang masuk kategori tidak layak huni agar bisa secepatnya diupayakan bantuan bedah rumah dari Baznas maupun Program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS). Sebab ditahun 2022 mendatang program Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kaur ada 180 unit.

“Maka dari pada itu kepada masyarakat yang belum tercover kiranya kepala desa mendaftarkannya ke program Perkim tahun 2022 mendatang, agar rumah warga yang tak layak huni bisa mendapat bantuan bendah rumah,” harapnya.

Ditambahkan bupati, ia berharap kegiatan seperti ini agar benar-benar bisa dinikmati oleh masyarakat yang membutuhkan seperti Jipri Warga Desa Air Kering. Juga ia menghimbau seluruh stakeholder terkait untuk merangkul rakyat miskin agar bisa memperbaiki atau menurunkan tingkat kemiskinan di Kabupaten Kaur.

“Saya minta kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini, agar seluruh komponen bersatu padu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang kurang mampu. Juga tahun depan kita akan meningkatkan jalan Desa Pancur Negara-Tinggi Ari sepanjang 7 Km,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kaur H Wahyu Datsi juga menyampaikan, program bedah rumah yang bekerjasama dengan Pemda Kaur ini ada 19 rumah warga yang tersebar di 15 Kecamatan Kabupaten Kaur mendapatkan bantuan bedah rumah. Dimana Setiap rumah masing-masing mendapatkan alokasi dana Rp 15 juta rupiah.

“Kita berupaya keras membantu beragam program bermanfaat untuk masyarakat yang kurang mampu, dan kita berharap melalui bedah rumah ini warga yang kurang mampu terbantu dan dapat mendapatkan tempat yang layak,” harapnya. (618)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*