Bupati Kaur Gulirkan Beasiswa 1 Desa 1 Sarjana

FOTO BERSAMA: Bupati Kaur H Lismidianto SH didampingi Kepala OPD terkait saat foto bersama dengan pejabat Kemendikbud-Ristek.

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Program 100 hari Bupati dan Wabup Kaur, Lismidianto SH MH dan Herlian Muchrim ST, satu desa satu sarjana, akan segera terwujud. Sebab terhitung tahun 2021 ini, Pemkab Kaur akan mengalokasikan dana untuk beasiswa kepada satu warga di desa masing-masing untuk dibiayai kuliah gratis.

Program ini saat ini sedang disusun yang rencananya akan segera diaplikasikan pada tahun 2021 ini juga. Bupati Kaur sendiri sudah melakukan koordinasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) belum lama ini di Jakarta untuk memperjelas terkait dengan rencana program tersebut.

Plt Kepala Bappeda dan Litbang Kaur, Arsal Adlin SPd membenarkan rencana itu, Pemkab Kaur akan melakukan penghitungan berapa banyak dana yang nanti akan dilontarkan dalam program satu desa satu sarjana itu sendiri. Teknisnya nanti yakni akan dilakukan seleksi oleh Dinas Pendidikan untuk menentukan siapa yang akan berhak untuk mendapatkan program tersebut di tahun berjalan.

“Nanti akan diatur oleh Dispendik ada 192 desa dan tiga kelurahan di Kabupaten Kaur, ini sedang kita hitung terkait dengan kebutuhan dananya nanti,” kata Arsal.

Sementara itu, Kepala Dispendik Kaur, Endy Yurizal, SP, menegaskan program terbaru ini diharapkan nantinya dapat memberikan pendidikan terbaik di desa. Sehingga keluarga kurang mampu dan memiliki kecerdasan di desa dalam pula ikut menyandang gelar sarjana. Nantinya tidak ditentukan universitasnya. Siswa diberikan kesempatan untuk memilih Universitas Negeri yang disukainya, kemudian Pemkab Kaur akan membayar biaya kuliah yang bersangkutan di universitas tersebut.

“Ini secepatnya akan kita terapkan, kepada anak anak rajin terus belajar, program ini untuk anak anak yang kurang mampu serta mempunyai prestasi dan ini merupakan pemerataan pendidikan khususnya bagi warga miskin,” tandasnya. (618)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*