Bupati Kaur Ajak Warga Hidup Sehat

 

 

bupati kaur germas
IRUL/BE
GERMAS: Bupati Kaur, Wabup, Kabid Promkes bersama Kepala OPD saat makan pisang bersama pada acara penggerakan massa Germas di halaman kantor Camat Nasal, Rabu (9/5).

NASAL, bengkuluekspress.com – Bupati Kaur Gusril Pauzi SSos, mengajak warga menjaga kesehatan melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Hal itu diungkapkan bupati saat membuka kegiatan penggerakan massa Germas di halaman kantor Camat Nasal, Rabu (9/5). Sebab dengan Germas dapat menghindari penyakit stroke, jantung, paru-paru, kanker, kencing manis dan lainnya.

”Program kesehatan tidak terlepas dari peran masyarakat. Dengan Germas, saya mengajak kerja sama lintas sektor dan lintas program mewujudkan masyarakat berperilaku hidup sehat. Pada akhirnya dapat membentuk masyarakat Kaur yang kuat,” kata bupati.

Dikatakan bupati, melalui program Indonesia sehat ini bisa membangun kemandirian keluarga dan masyarakat hidup sehat. Dimana upaya promotif dan preventif dilakukan untuk meningkatkan derajat kesehatan, sehingga tercipta masyarakat yang produktif dan berperan aktif dalam pembangunan nasional.

“Jadikan Germas ini sebagai gaya hidup. Sesuai dengan pesan Germas yakni dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga jalan, lari, senam, bersepeda dan lain-lain. Juga banyak mengkonsumsi buah dan sayur dan cek kesehatan secara berkala, minimal enam bulan satu kali. Juga untuk kelompok yang telah dibina oleh Puskemas ini diharap menjadi contoh dalam berprilaku sehat,” harapnya.

Sementara itu, Bupati juga menyampaikan terkait dengan tingginya stunting atau orang Kerdil di Kabupaten Kaur ini. Pemkab Kaur serius untuk menyukseskan lepas dari lokus stunting ini. Salah satu untuk mencegah Stunting pada balita dengan dilakukan semenjak masa kehamilan yaitu cek kehamilan secara teratur, bersalin ditenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan, imunisasi bayi secara lengkap dan lainya.

“Kaur akan terus berupaya untuk lepas dari lokus stunting ini, hal ini terbukti dengan hadirnya seluruh jajaran kepala OPD ini. Kegiatan sepertini sangat penting untuk mencipkatkan SDM Kaur kedepan agar berdaya saing tinggi. Juga salah satu solusi lain dengan aktifnya masyarakat ber-KB karena kebutuhan masyarakat akan mudah dipenuhi dan direncanakan,” jelas Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinkes Provinsi Bengkuku diwakili Kabid Promkes Pahlanasion S Sos M Kes juga menyampaikan, pemerintah Provinsi Bengkulu akan terus melakukan sosialisasi kepada warga dengan melibatkan unsur-unsur pemerintah tingkat bahwa seperti camat dan Kades terkait dengan Germas ini.Sebab melalui Germas ini dapat mencegah penyakit seperti strook, jantung, paru-paru, kangker, kencing manis yang dapat menyerang kita kapan pun.

“Saya minta kepada kelompok yang telah dibina di Germas ini benar-benar dibina dan kesehatannya dipantau. Sebab sekarang ini penyakit datang karena dari prilaku kita sendiri seperti kolestrol, struk dan lainnya. Nah untuk mengatasi masalah ini perlu kita lakukan Germas dan perbanyak makan sayur,” jelasnya. (rul)