Bupati : Jangan Hanya Tergantung ke Pemerintah

MUKOMUKO, BE – Bupati Mukomuko Drs H Ichwan Yunus CPA MM mengajak masyarakat se Kabupaten Mukomuko untuk menghidupkan kembali dan menggalakkan gotong royong di tengah-tengah masyarakat. Hal tersebut dilakukan supaya masyarakat tidak hanya mengandalkan dan bergantung kepada pemerintah.

“Tradisi gotong royong ini sudah ada sejak nenek moyang kita dulu. Hanya saja tradisi tersebut hilang. Dan mulai saat ini mari kita galakkan kembali gotong royong tersebut untuk kebaikan dan kemajuan bersama,” harapnya.

Supaya tradisi gotong royong dilakukan, pemerintah daerah berencana akan membuat suatu aturan bulan gotong royong. “Di aturan itu nantinya akan dijelaskan secara terinci. Seperti waktu pelaksaan gotong royongnya dan lainnya. Sebelum aturan itu dibuat marilah bersama-sama dengan kesadaran dan kepedulian bersama tradisi gotong royong diaktifkan kembali dan digalakkan,” anjurnya.
Menurut Ichwan, jika tradisi gotong royong sangat benar berjalan secara berkesinambangunan, tak hanya menunjukan setia kawan dan mempererat silaturahmi antar sesama melainkan ikut membantu kemajuan daerah baik itu di bidang pembangunan dan lainnya.

Dicontohkannya selama ini ada jembatan yang rusak, namun belum ada kesadaran masyarakat untuk gotong rotong memperbaiki jembatan tersebut, melainkan menunggu bantuan dari pemerintah.

“Nah inilah yang harus dihilangkan, yang artinya tak hanya menggandalkan pemerintah  tetapi masyarakat bisa melakukan dan memperbaiki kerusakan tersebut dengan cara gotong royong. Dan apa yang menjadi kendala di tengah-tengah masyarakat  itu dapat teratasi serta dilalui  dengan aman dan nyaman,” ujar Ichwan. (900)