Bupati Ingatkan Pengembangan BUMDes

bumdes
Foto : IST

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Penyertaan modal kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) diharapkan bisa digunakan untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat oleh Pemerintah Desa (Pemdes). Untuk itu, penggunaan Dana Desa (DD) diimbau dapat dialokasikan untuk BUMdes supaya 105 di Kabupaten Kepahiang memiliki program pengembangan perekonomian.

Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayatullah Sjahid MM IPU, mengingatkan seluruh Kades mengutamakan alokasi Dada Desa (DD) untuk program pemberdayaan ekonomi dipedesaan. Supaya, fokus anggaran DD bisa mengakomodir bidang perekonomian bukan insprastruktur seperti tahun sebelumnya.

“Jika tiga tahun ini, DD alokasinya 60 persen untuk insprastruktur jalan. Maka tahun ini saya harap adanya perubahan pola, jalan jangan 60 persen lagi. Coba dianggarkan untuk sektor pemberdayaan masyarakat terkhusus sektor perekonomian,” ujar Bupati.

Menurutnya, soal jalan lingkungan dipedesaan terutama jalan raya atau jalan utama desa sudah dibangunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang melalui APBD 2019. Maka, Pemdes dapat memfokuskan anggaran yang dimiliki pada sektor-sektor diluar insprastruktur.

“Jika sebelumnya 60 persen insfrastruktur 40 persen pemberyadaan dan BUMDEs. Tahun ini saya hara berubah polanya, utamakan Bumdes dengan mengelola produk unggulan desa,” tuturnya.

Dengan gencarnya pembangunan insprasturtur jalan, pelapis tebing disetiap desa selama tiga tahun terakhir. Tentunya jalan lingkungan dipedesaan sudah mencapai peningkatan secara optimal, sisa jalan yang belum tersentuh pembangunan dapat dianggarkan APBD.

Penggelontoran dana desa (DD) ke BUMDes dinilai bisa mendongkrak pertumbuhan perekonomian warga diseluruh pedesaan. Kades dan jajaran harus memiliki program peberdayaan sektor perekonomian dengan menggali dan menonjolkan produk unggulan desa (Prudes). (320)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*