Bupati Imbau Warga Pakai Masker

ARGA MAKMUR, BE – Kabut asap menyelimuti wilayah Kabupaten Bengkulu Utara (BU). Asal polusi udara diduga kiriman dari Sumatera Selatan (Sumsel) dan Jambi mulai dirasakan warga mulai Senin (13/10) pagi.
Menanggapi hal tersebut, Bupati Dr Ir H imron Rosyadi mengatakan, akhir-akhir ini cuaca di BU memang sangat panas. Hal itu disinyalir kiriman dari kabupaten dan provinsi lain. “Cuaca begitu panas, pengap dan gelap, dan tidak sehat. Jadi kita berharap kepada dinas terkait untuk menjaga, agar tidak membakar,” ujarnya.
Ditambahkannya, masayarakat memang kebiasaannya selalu membakar, agar terlihat bersih. Padahal tidak dibakar juga, sampah organik tersebut akan melapuk dengan sendirinya dan menjadi humus yang akan menyuburkan tanah. Maka, oleh karena itu, katanya, sebisa mungkin masyarakat untuk menghindari pembakaran terhadap apapun.
Dikatakan Imron, jika warga akan keluar rumah diharapkan menggunakan masker. Hal itu bertujuan untuk menjaga kesehatan agar tidak terinfeksi oleh penyakit yang bisa menganggu pernafasan. (927)