Bupati Dukung Bengkel Keliling Distan Seluma

TAIS, bengkuluekspress.com – Rencana Dinas Pertanian (Distan) Seluma yang akan membentuk bengkel keliling alat mesin pertanian (Alsintan) direspon positif Bupati Seluma, Erwin Octavian, SE. Bupati sangat mendukung program Dinas Pertanian ini, yang dianggap sangat dibutuhkan oleh masyarakat khususnya para petani yang tergabung dalam kelompok tani di Kabupaten Seluma.

“Ya, saya sudah dengar rencana Dinas Pertanian ini. Sangat bagus, saya sangat mendukung,” ujar Bupati Seluma.

Menurut Bupati, ide atau gagasan pelaksana tugas (Plt) Kadistan Seluma ini sangatlah tepat dan menjadi solusi para kelompok tani selama ini. Sebab dengan adanya bengkel keliling ini nanti, perawatan alsintan yang telah diserahkan pada kelompok tani dapat terbantu. Sehingga alsintan tersebut terus dalam kondisi baik dan dapat selalu digunakan oleh petani.

“Selama ini perawatan alsintan ini menjadi keluhan para petani. Jadi dengan kehadiran bengkel keliling ini nanti dapat membantu dan menjadi solusi permasalahan ini,” sampainya.

Untuk itu kata Erwin, dirinya meminta Dinas Pertanian Seluma segera membuat draf usulan pembentukan bengkel keliling alsintan ini. Agar dapat dilakukan pembahasan di tingkat TAPD, sebelum nantinya dibahas di Banggar DPRD Seluma.

“Segeralah buat draf usulannya. Bengkel alsintan ini harus diwujudkan. Saya sangat apresiasi dan mendukung,” pinta Erwin.

Dibeberkan, meminta OPD lainnya untuk terus berkreasi menelurkan ide dan pemikiran kreatif untuk membangun dan memajukan Kabupaten Seluma.
“OPD lainnya silahkan berkreasi, ide dan pemikiran yang membangun sangat diharapkan. Mendukung dan mewujudkan program Seluma Alap,” sampai Bupati.

Sementara itu, Plt. Kadis Pertanian Seluma, Arian Sosial SP, MSi mengatakan total alsintan yang tersebar di 1.307 kelompok tani di Kabupaten Seluma sebanyak 488 unit terdiri dari berbagai alsintan, kurun waktu 2011 hingga 2021 ini.

“Para petani terkadang abai dengan perawatan alsintan ini. Jadi kami gagas ini untuk menyikapi permasalahan tersebut,” jelas Arian.

Pihaknya saat ini ujar Arian, sedang membuat draf pembentukan bengkel alsintan ini, agar dapat segera disampaikan ke TAPD dilakukan pembahasan.

“Kehadiran bengkel keliling ini juga sebagai upaya mewujudkan Kabupaten Seluma swasembada beras. Seperti yang dicanangkan Bupati dan wakil bupati Seluma,” pungkasnya. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*