Bupati Dorong UMKM

ARY/Bengkulu Ekspress Bupati Rejang Lebong saat melihat potensi UMKM di stand pameran HUT Kota Curup. Dalam kesempatan tersebut bupati juga mendorong pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas produk dengan mengurus perizinan dan memperbaiki kemasan.

Urus Perizinan dan Perbaiki Kemasan

CURUP, Bengkulu Ekspress– Bupati Rejang Lebong DR H A Hijazi SH MSi mendorong para pelaku UMKM di Kabupaten Rejang Lebong untuk mengurus perizinan. Selain mengurus perizinan bupati juga meminta para pelaku UMKM juga untuk memperbaiki kemasan yang ada saat ini.

Karena menurut bupati, saat ini hasil produksi rumahan atau UMKM yang ada di Rejang Lebong tersebut sudah layak untuk dijual di pasar yang lebih luas lagi. “Saya lihat di stand-stand pelaku UMKM, sebagian hasil UMKM sudah layak, sebagian belum layak, belum layak yang saya maksud bukan masalah rasa, namun lebih pada kemasan yang perlu diperbaiki dan izinnya,” sampai bupati.



Karena menurut bupati baik kemasan maupun izin sangat penting untuk menyakinkan para pembeli akan kualitas barang yang ditawarkan. Karena bila kemasannya bagus maka pembeli tidak akan khawatir lagi dengan kualitas barang yang dijual, begitu juga dengan perizinannya, dengan sudah memiliki izin tentunya produk tersebut sudah memiliki standar kesehatan yang baik sehingga tentunya aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat atau pembelian.

Dengan melihat potensi pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Rejang Lebong tersebut, Bupati Rejang Lebong akan meminta Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Rejang Lebong melakukan inventarisir produk-produk rumahan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Tak hanya melakukan inventarisisr bupati juga meminta Dinas Perdagangan Kabuaten Rejang Lebong juga membantu para pelaku UMKM tersebut untuk membuat perizinan baik dengan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu maupun dengan dinas lainnya seperti dinas kesehatan bahkan hingga sertifikasi halal dari MUI.

“Sertifikasi halal dari MUI juga penting, karena saat ini tren pemasangan label halal di kemasan meningkat dan bisa menjadi nilai tambah bagi produk itu sendiri,” sampainya.

Setelah adanya peningkatan kualitas dari produk-produk UMKM yang ada di Rejang Lebong tersebut, Bupati juga meminta Dinas Perdagangan bersama pihak terkait lainnya untuk membantu dan mendorong hasil UMKM di Kabupaten Rejang Lebong tersebut agar bisa masuk di sejumlah minimarket skala nasional yang saat ini sudah ada di Kabupaten Rejang Lebong. (251)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*