Bupati Datangkan Investor Pabrik Sawit

sawit
Foto : IST

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Bupati Bengkulu Utara, Ir Mian bakal mendatangkan investor untuk membangun pabrik kelapa sawit di Kabupaten Bengkulu Utara. Tujuannya agar harga kelapa sawit di tingkat petani tetap stabil. Mengingat untuk saat ini jumlah pabrik sawit di Bengkulu Utara dinilai kurang sehingga menyebabkan harga sawit rendah.

“Kita akan datangkan investor untuk menampung kelapa sawit petani. Karena kita tahu, mayoritas penghasilan masyarakat di Bengkulu Utara dari kelapa sawit,” jelas Bupati.

Untuk merealisasikan hal tersebut, ia mengaku membutuhkan waktu yang cukup panjang. Diperkirakan membutuhkan waktu 10 bulan sampai 1 tahun. Meski demikian, Bupati mengaku akan berusaha semaksimal mungkin untuk mempercepat proses perizinannya.

Untuk itu, Bupati meminta agar masyarakat bersabar terkait investor kelapa sawit tersebut. Jika nanti investor baru sudah masuk harus diimbangi dengan TBS yang bagus dari masyarakat.



“Saya minta masyarakat memahami rencana ini. Karena membutuhkan waktu yang tidak sebentar,” imbuh Bupati.

Terkait perkembangan pembangunan pabrik karet, Bupati mengatakan sejauh ini belum ada kejelasan. Karena Kementreian Perdagangan meminta pembangunan kebun karet inti seluas 20 Hektare agar bisa dibangun pabrik karet. Syarat tersebut cukup berat, dan ia sudah 3 kali berkoordinasi dengan pihak kementerian untuk memberikan toleransi dan kemudahan terkait syarat membangun pabrik karet, tetapi tidak juga diberikan kemudahan.

Padahal, menurut Bupati, investornya sudah ada. Perizinan dari tingkat daerah tidak ada kendala, hanya di Kementerian Perdagangan yang belum memberikan kemudahan. “Karena tidak ada jawaban dari kementerian, saya bersurat kepada Presiden Jokowi menindak lanjuti hal ini,” pungkas Bupati.(167)