Bupati dan APKASI Tinjau Enggano

KEPAHIANG, BE – Bupati Kepahiang Dr Drs H Bando Amin C Kader MM yang merupakan pengurus Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) akan melakukan peninjauan ke Pulau Enggano. Ini sebagai langkah awal ditunjuknya Pulau Enggano sebagai kota ekonomi hijau (green city ekonomi) yang dipelopori oleh APKASI dan negara yang tergabung dalam R20.
“Pada 25 Februari ini, Bupati selaku Ketua Pengembangan Potensi Daerah dalam APKASI akan kesana untuk meninjau langsung. Kita juga akan bersosialisasi dan melihat langsung iklim disana,” ujar Kabag Humas Setdakab Kepahiang Zamzami Zubir SE MM melalui Kasubag Pengumpulan Data dan Informasi Oktriana Putra SH kemarin.
Ditakannya, dipilihnya pulau Enggano sebagai green city ekonomi ini didasari wilayah Enggano yang dipenuhi dengan tumbuhan bakau. Nantinya juga, daerah Enggano akan ditanam komoditi Sengon sebagai implementasi terwujudnya green city ekonomi ini. “Dengan konsep kota ekonomi hijau ini kita juga akan mensosialisasikan penanaman sengon kepada masyarakat. Untuk tahap awal ini baru sebatas sosialisasi saja dahulu,” jelasnya.
Menurut Oki, konsep mau kaya tanam Sengon yang dipelopori bupati Kepahiang ini sudah banyak diminati beberapa organisasi pemerintahan termasuk APKASI. Termasuk juga negara-negara R20 yang peduli terhadap lingkungan dan perubahan iklim dunia. “Menurut kita dipilihnya pulau enggano ini sangat menguntungkan Provinsi Bengkulu nantinya, karena selain APKASI yang mendukung, negara R20 juga memberikan dukungannya untuk terwujudnya Enggano sebagai green city ekonomi ini,” jelasnya. (505)