Bupati Buka Festival Muharram Pembangunan Non Fisik Penting

Ari, Berbagai mobil hias turut merihakn pembukaan Festival Muharram di Kabupaten Rejang LebongCURUP, BE– Pelaksanaan Festival Muharram  dilakukan Pemkab Rejang Lebong merupakan salah satu wadah pembangunan non fisik. Hal tersebut disampaikan Bupati Rejang Lebong H Suherman SE MM, saat membuka Festival Muharram di Lapangan Setia Negara, Kemarin (27/10). “Kegiatan Festival Muharram ini merupakan agenda tahunan kita dan juga sebagai momentum untuk pembangunan nonfisik khususnya dalam bidang keagamaan,” ungkap bupati.
Melihat besarnya fungsi kegiatan Festival Muharram ini, bupati berharap ajang tahunan tersebut bisa bermakna sehingga tidak menjadikan kegiatan tersebut hanya sekedar pesta yang tanpa makna. “Mari kita berpartisipasi aktif mendukung kegiatan ini salah satu yang bisa dilakukan yaitu dengan menghadiri serta mengajak saudara kita untuk menyaksikan festival ini,” ajak bupati.
Selain itu, bupati juga menjelaskan, momentum pergantian tahun islam ini diharapkan bisa menjaga ajang evaluasi  terhadap aktifitas dan pencapaian ditahun sebelumnya. Terkait dengan evaluasi, bupati menjelaskan selama satu tahun terakhir Kabupaten Rejang Lebong secara umum terhindar dari musibah dapat menggangu penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.
Suherman juga menjelaskan selama satu tahun terakhir Rejang Lebong juga membuahkan hasil dapat menyenangkan termasuk sejumlah penghargaan. “Meskipun banyak keberhasilan yang telah kita capai, kami juga menyadari masih banyak pekerjaan rumah  belum kami selesaikan.  Oleh karena itu kami memohon maaf kepada seluruh komponen masyarakat Rejang Lebong,” ujar Suherman SE MM.
Festival Muharram merupakan kegiatan rutin  dilakukan pemerintah kabupaten Rejang Lebong. berbagai kegiatan dilakukan dalam kegiatan tahunan ini. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan yaitu seperti Zikir Akbar, pawai kendaraan hias hingga berbagai lomba keagamaan lainnya. Kegiatan ini dipusatkan di Lapangan Setia Negara Curup.

//Meriahkan Muharam
Sebanyak 150 ibu PKK dan ibu pengajian Ahroma, Kecmatan Kota padang, siap mengikuti perlombaan 1 Muharam,  diselenggarakan Pemkab Rejang Lebong. Kegiatan akan dilakukan  di Masjid Nurul Iman, Desa Lubuk Mumpo, Kecamatan Kota Padang.
Ketua PKK Desa Lubuk Mumpo Maymuna (40) mengatakan kegiatan ibu PKK tersebut dalam rangka persiapan untuk mengikuti berbagai perlombaan 1 Muharam  di laksanakan di Kabupaten Rejang Lebong.
Ketua Pengajian AHROMA Hj Rosma Wati Nasir mengatakan bahwa persiapan tersebut di laksanakan dalam satu bulan dua kali latihan. Perlombaan akan diikuti antara lain lomba marhaban, pembacaan bersanji, robana dan lomba memandikan mayat. “Harapan dapat membawakan hadiah dan menang pada perlombaan,” katanya. (222/251)