Bupati BU Serahkan Alat Swab PCR ke RSUD Arga Makmur

APRIZAL/BE
Usai melaksanakan Apel bersama, Bupati BU Ir H Mian lansung Bupati BU menyerahkan alat Swab PCR kepada Direktur RSUD Arga Makmur, Senin (30/8).

ARGA MAKMUR,bengkuluekspress.com – Setelah tiba beberapa waktu lalu tepatnya pada tanggal 26 Agustus 2021 lalu, alat swab PCR bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Senin (30/8) Bupati Bengkulu Utara (BU), Ir H Mian langsung menyerahkan alat Swab PCR tersebut ke pihak RSUD Arga Makmur.
Penyerahan tersebut berlangsung di halaman Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten BU dalam apel bersama yang dihadiri oleh pihak Dinkes, RSUD Arga Makmur dan seluruh kepala Puskesmas yang ada. Usai penyerahan tersebut, Bupati BU Ir H Mian menyampaikan, bahwa bantuan yang diterima merupakan suatu hal yang membanggakan bagi Pemkab BU. Karena bantuan ini hanya Kabupaten BU satu satunya Kabupaten se-Provinsi Bengkulu mendapatkan.
“Ya, ini patut kita syukuri dan banggakan, bahwa bantuan ini kita satu-satunya kabupaten yang mendapatkannya. Hal ini tentunya atas kepiawaian dari pihak Dinas Kesehatan bersama Stake holder terkait, sehingga bantuan alat Swab PCR yang senilai hampir Rp 2 miliar ini kuta dapatkan,” kata Bupati Mian.

Ditambahkannya, dengan telah adanya alat Swab PCR ini di Kabupaten BU akan dapat lebih optimal dalam percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten BU, karena alat swab PCR yang saat ini merupakan alat yang paling akurat memastikan apakah seseorang terdeteksi virus Covid-19. Dan dengan ini semoga Kabupaten BU dapat menekan angka penularan Covid-19.
“Semoga dengan telah adanya bantuan ini kita harapkan dapat lebih optimal dalam percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten BU,”ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati Mian juga menuturkan, bahwa Kabupaten BU juga akan menerima bantuan kembali hibah dari Negara Singapura melalui kedutaan besar Indonesia di Singapura yakni generator Oksigen atau Pabrik Oksigen. Dimana bantuan ini hanya 12 daerah di Indonesia yang mendapatkan bantuan hibah tersebut salah satunya Kabupaten BU dan ini menjadi suatu apresasi yang sangat baik bagi pemerintah Kabupaten BU. Terkait hal tersebut saat ini pihaknya sedang melakukan persiapan yakni ruangan untuk generator oksigen tersebut.
“Ini salah satu capaian yang sangat bagus dan patut diapresiasi, karena kita kembali mendapatkan bantuan yakni genarator oksigen dari negara singapura melalui kedubes Indonesia yang ada disana. Terkait hal ini kita sedang memeprsiapkan tempat untuk alat tersebut. Insha Allah dalam kurun 2 bulan tempatnya sudah selesai,” tuturnya.

Dengan adanya bantuan generator oksigen ini nantinya, Kabupaten BU dapat memproduksi sendiri oksigen dan sehingga dapat menyuplai oksigen diseluruh fasilitas kesehatan yang ada bahkan tidak tutup kemungkinan dapat membantu Kabupaten lainnya bila membutuhkan pasokan oksigen.
“Dan ini sudah saya finalkan dengan menggunakan dana BTT ruangan ini akan selesai, sehingga pada tanggal 30 Oktober mendatang barang ini sampai bisa langsung digunakan. Sehingga kita daoat memproduksi sendiri oksigen,”pungkasnya.(127)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*