Bupati BS Rancang Bentuk Sekundang Mart

RANCANG: Pemda bersama mitra rancang bentuk sekundang mart saat rapat koordinasi di ruang rapat kantor bupati BS, Kamis (27/8).

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Dalam rangka meningkatkan perekonomian warga Bengkulu Selatan (BS), Bupati BS, Gusnan Mulyadi SE MM menggagas akan membentuk kios sekundang atau sekundang Mart. Sehingga dengan adanya usaha ini dapat mencetak wirausahawan baru di BS.

“Untuk pembentukan program ini, kita akan bekerja sama dengan PT JSS, PT Taspen dan perbankan di BS,” katanya.

Dikatakan Gusnan untuk mewujudkan program tersebut, akan dibentuk terlebih dahulu beberapa kios percontohan. Kios Sekundang nantinya akan dibuat oleh PT JSS, menyerupai Indomaret, Alfamart atau sejenis lainnya. Termasuk penataan layout, sistem pembayaran di kasir dan lain sebagainya, diharapkan produk-produk lokal dan khas BS bisa dipasarkan melalui jaringan Kios ini,” beber Gusnan.

Melalui program ini, beber Gusnan masyarakat berkesempatan memiliki usaha Minimarket/kios/warung meskipun belum memiliki modal awal. Untuk permodalan akan menggandeng perbankan, PT Taspen dan PT Jaring Sistema Semesta (JSS). Sehingga melalui Taspen, Bank Mandiri Taspen, Bank BRI dan BNI Syariah dengan difasilitasi Pemda BS, warga bisa mendapatkan kredit modal usaha. Namun kredit yang diberikan bukan berupa uang tunai, melainkan berupa usaha Kios/warung dengan nilai paket Rp 25 juta sampai Rp 100 juta.

“Nanti kita buat MoU dengan pihak terkait agar PNS,pensiunan juga warga BS lainnya bisa berkarya dan berwirausaha dengan memiliki warung layaknya franchise,” beber Gusnan.

Pimpinan Cabang Bank BRI Manna, Bambang Parulian mewakili pihak-pihak terkait mengaku siap mensupport program yang digagas Pemda BS, PT Taspen dan PT JSS ini. Dikatakannya pihaknga siap memberikan bantuan modal usaha melalui KUR, kemudian, warga yang berminat bergabung dengan program kios warga (kios sekundang) cukup hanya dengan menyiapkan ruangan berukuran minimal 2,5X2,5 Meter. Setelah melalui proses dan ketentuan yang ada, pihak PT JSS akan menyiapkan fasilitas dan semua peralatan, keperluan serta isi barang dagangan toko/kios/minimarket tersebut. Pihak Bank Mandiri Taspen Manna, Bank Syariah Manna juga mendukung program kios sekundang. Mereka siap melayani para ASN dan pensiunan untuk memfasilitasi pembiayaan terkait kios warga atau kios sekundang yang bekerjasama dengan pemda BS.

“Intinya kami semua siap mendukung program tersebut,” terang Bambang. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*