Bupati BS Ajak Pemdes Sinkronkan Program Daerah

Gusnan Mulyadi SE MM

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi SE MM memita agar Pemerintah Desa (Pemdes) dapat menyingkronkan program pembangunan di desa dengan kebijakan pemerintah daerah. Sehingga diharapjan mampu menciptakan kemajuan dan kesejahtraan sampai lapisan masyarakat terbawah yakni di desa.

“Antara program kabupaten dengan program desa saya harap dapat singkron dan saling mendukung,” katanya.

Dicontohkan Gusnan, program pemerintah daerah diantaranya meningkatkan diberbagai sektor ekonomi, maka dianjurkan kepada Pemdes untuk mendukungnya dengan pembelian mesin pencacah atau pengolah pakan ternak.

Kemudian seluruh desa harus mempersiapkan satu desa satu perawat dan dananya harus dialokasikan melalui APBDes.Selain itu juga harus menerapkan pelayanan dasar untuk masyarakat baik dibidang kesehatan maupun pelayanan sosial lainnya. Karena Pemdes diharapkan juga harus menjalin bekerjasama dengan Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan untuk memperdayakan dalam lingkup sosial dan kesehatan untuk pelayanan kesehatan maupun pelayanan sosial masyarakat.

“Semoga ke depan masyarakat di pedesaan semakin sejahtera,” harap Gusnan.

Kepala DPMD BS, Hamdan Syarbaini SSos mengatakan, sesuai dengan tugas dan fungsi dari DPMD sebagai OPD yang membawahi langsung Pemdes, pihaknya selalu melakukan pengawasan dan pembinaan kepada Pemerintah Desa, agar bisa melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat secara baik. Untuk kedepan singkronisasi program Pemdes akan dipantau dengan ketat, dalam upaya mendukung program pemerintah daerah.

“Kami selalu melakukan pembinaan sehingga ke depan program pembangunan di desa terarah dan selaras dengan program nasional dan kabupaten,” ujar Hamdan. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*