Bupati Berharap Kaur Jadi Lumbung Beras

 Dalam panen raya itu Bupati bersama kepala OPD, FKPD turun langsung panen padi dengan menggunakan combine harvester.
Dalam panen raya itu Bupati bersama kepala OPD, FKPD turun langsung panen padi dengan menggunakan combine harvester.

KELAM TENGAH, Bengkulu Ekspress – Dengan menggunakan combine harvester alat pertanian yang cangih, Bupati Kaur, Gusril Fauzi SSos, bersama Kepala OPD, FKPD dan masyarakat, Rabu (31/1) kembali melakukan panen raya padi di hamparan 10 hektar sawah di Desa Talang Tais Kecamatan Kelam Tengah Kabupaten Kaur. Dalam sambutannya, bupati mengungkapkan rasa kegembiraannya terhadap kegiatan panen raya padi sawah.

“Saya merasa senang atas keberhasilan para petani kelompok tani Cahaya Buana Desa Talang Tais dalam penanaman padi, sehingga dapat dilaksanakan panen raya ini,” kata bupati dalam sambutannya pada saat panen raya padi di Desa Talang Tais, kemarin (31/1).
Dikatakan bupati, bidang pertanian Kabupaten Kaur saat ini tengah diperhitungkan di tingkat nasional. Sebab Kabupaten Kaur dinilai memiliki daya saing pertanian yang cukup baik. Untuk itu, Pemkab Kaur terus bertekad menjadikan Kabupaten Kaur sebagai lumbung beras, sehingga masyarakat Kaur dapat lebih mudah mendapatkan beras. Juga kepada petani agar terus berinovasi dan tidak melakukan alih fungsi lahan persawahaan dan ke depan petani Desa Talang Tais dapat bercocok tanam tiga kali setahun.

“Kita akan terus membantu dan mensukseskan program pemerintah pusat dalam hal meningkatkan program swasembada pangan khususnya beras, dan bisa menjadikan Kaur ini menjadi lumbung beras. Sehingga tidak ada lagi beras impor masuk Kaur ini, dan kepada petani dapat memanfaatkan hasil panen ini,” terang bupati.
Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Pertanian Kaur, Nasrul Rahman SHut MSi juga menyampaikan, untuk meningkatkan program swasembada pangan di Kabupaten Kaur ini, pihaknya telah menyerahkan bantuan Alsintan kepada kelompok tani di wilayah Kecamatan Kabupaten Kaur, dimana total bantuan yang diserahkan itu ada sekitar 241 unit. Tujuan ini tak lain dan tak bukan untuk meningkatkan produksi beras dapat terwujud.

“Dimana sekarang ini dihitung oleh BPS hasil ubian di lokasi demplot hamparan kelompok tani Cahaya Buana 7,3 ton per hektar. Harapan kita ke depan semoga dengan adanya demplot tahun 2018 ini, dapat menjadi contoh peningkatan produksi panen bagi kelompok tani di Kaur ini,” harapnya.
Dalam kesempatan itu, Dandim 0408/ BS-Kaur, Letkol Inf Ricky BM Simarmata SSos, juga berharap dengan adanya program pendampingan TNI dalam mengawal suksesnya program Pemerintah menuju 2018 Swasembada Pangan, maka diharapkan, Kabupaten Kaur mampu meningkatkan jumlah lahan pertanian khususnya untuk mengembangkan jenis tanaman padi, jagung dan kedelai dan lainnya.

“Saya berharap panen raya ini dapat mewujudkan swasembada pangan di Kaur ini, dan juga TNI melalui Babinsa siap membantu petani dalam meningkat hasil pertaniannya,” jelasnya.
Dalam acara panen raya disawah kelompok tani kelompok Cahaya Buana Desa Talang Tais sekitar pukul 09.00 WIB, dihadiri Sekda Kaur, Kepala Dinas Pertanian Provinsi, Kapolsek Kaur Utara, dan Kepala OPD dilingkungan Pemkab Kaur serta masyarakat setempat. Dalam panen raya itu Bupati bersama kepala OPD, FKPD turun langsung panen padi dengan menggunakan combine harvester. (618)