Bupati Bengkulu Utara Resmikan Fasilitas PDU Bantuan KLHK

APRIZAL/BE
Usai mengikuti peresmian secara virtual bersama Dirjen PSLB3 KLHK, Bupati BU, Ir H Mian melakukan penandatangan prasasti PDU, Selasa (23/3).

ARGA MAKMUR,bengkuluekspress.com – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara (BU) mendapat bantuan Pusat Daur Ulang (PDU) sampah dengan kapasitas 10 ton/hari hasil bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Dirjen Pengelolaan Sampah Limbah B3 (Dirjen PSLB3) yang diresmikan, Selasa (23/3). Dimana peresmian tersebut berlangsung secara virtual diruang rapat Setdakab BU yang dihadiri langsung oleh Bupati BU, Ir H Mian, Plt Kasubdit Sarana dan Prasarana KLHK Ujang Solihin serta kepala OPD terkait seperti Kepala DLH Kabupaten BU Ir Alfian MM, Kepala PUPR BU Heru Susanto ST, Kepala BKAD Fitriansyah serta Camat dan Kepala Desa.

Saat ditemui awak media usai mengikuti peresmian dan menandatangani prasasti, Bupati BU Ir H Mian mengucapkan terima kasih atas bantuan dari pihak Dirjen PSLB3 KLHK ditahun 2021 ini. Sebab bantuan tersebut, hanya 3 Kabupaten yang mendapatkan bantuan 1 unit Fasilitas PDU ini, yakni Kabupaten Purwokarta, Kabupaten Morowali dan Kabupaten BU.
“Karena tidak semua mendapatkan, hanya 3 Kabupaten se Indonesia termasuk Kabupaten BU, kita sangat mengapresiasi terhadap pihak Dirjen PSLB3 KLHK begitu juga dengan jajaran pemerintah daerah Kabupaten BU dalam hal ini pihak DLH BU yang telah bekerja keras terhadap adanya bantuan 1 unit fasilitas PDU,” kata Bupati Mian.

Bupati berharap, dengan adanya PDU ini, dapat dimanfaatkan secara maksimal, karena dengan adanya PDU ini ada dua keuntungan yang didapatkan yakni dapat mengurangi tumpukan sampah yang berada di tempat pembuangan akhir (TPA) dan adanya peningkatan perekonomian dimana adanya daur ulang sampah berupa pupuk organik dan sejenisnya.
“Tentu dengan adanya PDU ini dapat mengurangi tumpukan sampah yang ada di TPA kita selain itu juga ada dampak ekonmoinya bagi masyarakat,”ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati menuturkan, dirinya juga menyampaikan langsung oleh ibu Dirjen PSLB3 KLHK Rosa Vivien Ratnawati SH MSD. Dimana pemerintah Kabupaten BU saat ini telah memiliki pusat tumbuh wilayah-wilayah yang dahulunya desa dan sekarang telah menjadi kota-kota kecil, sehingga dalam penanganan sampah di Kabupaten BU akan meningkat. Maka dari itu dirinya juga telah menyampaikan adanya tambahan dukungan untuk penambahan armada pengangkut sampah yang diperuntukan untuk pemyuplai sampah di PDU bisa teratasi, sehingga kapsistas 10 ton/hari ini bisa terpenuhi.
“Dalam kesempatan tersebut, tadi saya juga sampaikan kepada ibu Dirjen untuk ada tambahan armada pengangkut sampah, sehingga target perhari 10 ton bisa terpenuhi,”tuturnya.

Terkait hal tersebut, Mian menegaskan, kepada pihak DLH BU untuk lebih mengoptimalkan serta mengaktifkan bank-bank sampah yang ada ditengah masyarakat agar masalah sampah dapat teratasi dengan baik.
“Saya juga tegaskan kepada pihak DLH BU untuk dapat mengaktifkan program bank sampah, sehingga masalah sampah bisa ditangani dengan baik,”tandasnya.(127).

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*