Bupati Bengkulu Utara Datangkan Investor Karet

BengkuluARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Anjloknya harga karet yang sering terjadi membuat Pemerintah Daerah (Pemda) Bengkulu Utara (BU) mengambil langkah stategis. Salahsatunya mendatangkan 2 investor yang bergerak dibidang pabrik pengolahan karet.

Tujuannya agar harga karet dapat lebih stabil dan perekonomian masyarakat tetap tumbuh dan berkembang.

Bupati Bengkulu Utara, Ir Mian mengatakan sektor perkebunan karet adalah tumpuan utama perekonomian masyarakat Kabupaten BU. Maka anjloknya harga karet menimbulkan dampak yang sangat luas bagi ekonomi masyarakat. Untuk itu, mendatangkan investor agar mendirikan pabrik pengolahan karet merupakan langkah untuk menstabilkan harga jual karet masyarakat tersebut.

‘’Ada 2 investor yang sedang menjajaki lokasi pabrik di wilayah Bengkulu Utara. Kita harapkan ini dapat segera terealisasi, sehingga harga jual karet masyarakat juga lebih stabil,’’ ujarnya.

Bupati menyampaikan, dengan hadirnya 2 pabrik karet di BU, maka biaya angkut karet menjadi lebih dekat. Dengan demikian, nilai jual karet bisa lebih baik dan stabil.

‘’Kalau di wilayah kita ada pabrik karet, maka tidak perlu biaya transportasi yang cukup besar, dan harga karet tentunya bisa lebih bersaing lagi,’’ ungkapnya.

Untuk itu, Bupati mendorong masyarakat untuk pro aktif mendukung hadirnya 2 pabrik karet tersebut. Walaupun penentuan lokasi berdasarkan kajian Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) maupun Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UKL/UPL).

‘’Setiap perusahaan mempunyai kajian tersendiri. Tentunya juga melalui kajian khusus soal dampak lingkungan. Jika lokasi dianggap memenuhi syarat, kita harap masyarakat juga dapat mendukung pembangunan pabrik tersebut,’’ terangnya.

Tak hanya itu, jika 2 investor pengelolaan pabrik karet ini batal lantaran dianggap tidak memenuhi syarat,  Bupati berjanji akan mencarikan investor lain yang bisa.
‘’Seandainya ini nanti urung, kita tetap akan carikan investor lain yang mau,’’ pungkasnya.(816)