Bupati Akui SDM ASN Masih Kurang

Bupati rejang Lebong DR H A Hijazi SH MSi saat memberikan kata sambutan
foto:ist

CURUP, Bengkulu Ekspress – Bupati Rejang Lebong DR H A Hijazi SH MSi mengakui bahwa kualitas Sumber Daya Manusia (SMD) ASN di Kabupaten Rejang Lebong masih rendah. Hal tersebut terbukti dari sejumlah pekerjaan tahun 2017 lalu yang belum selesai sampai saat ini.”Saya mohon maaf kepada masyarakat, saat ini kemampuan SDM ASN kita masih kurang, sehingga banyak pekerjaan yang belum bisa kita selesaikan,” sampai bupati usai Rapat Paripurna DPRD Rejang Lebong dengan agenda nota pengantar pertanggungjawaban APBD Rejang Lebong tahun 2017 Rabu (18/7) kemarin.

Oleh karena itu, menurut bupati hingga saat ini ia masih terus melakukan pembenahan dan memperbaiki kualitas SDM ASN yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Dimana menurut bupati, evaluasi akan terus dilakukan setiap saat dan puncaknya akan dilakukan pada Oktober mendatang dengan kembali menggelar job fit.

“Nanti dari job fit tersebut akan kelihatan keseriusan dari ASN kita dalam memperbaiki kinerja dan kemampuan mereka,” terang bupati.

Bupati menegaskan, bila hasil dari job fit tersebut kembali tidak meluluskan sejumlah pejabat yang saat ini tengah menjabat Plt karena tidak lulus dalam job fit sebelumnya, maka menurut bupati sudah dipastikan pejabat tersebut akan dinonjobkan.Pada pelaksanaan job fit mendatang, menurut bupati juga akan membuka peluang bagi ASN yang telah mencukupi persyaratan untuk menduduki suatu jabatan tertentu untuk menggantikan mereka yang non job atau mereka yang pensiun.



“dengana danya job fit nanti, maka membuka peluang bagi ASN yang telah memenuhi syarat untuk bisa menduduki jabatan tertentu,” terang bupati.Bupati berharap dengan sejumlah langkah perbaikan yang ia lakukan tersebut, diharapkan bisa memperbaiki kualitas SDM ASN yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Karena menurut bupati jika kualitas SDM ASN di Rejang Lebong sudah mumpuni, maka menurutnya realisasi APBD Rejang Lebong akan terealisasi sebesar 100 persen atau semua pekerjaan bisa terlaksana dengan baik.

“Karena SDM ASN kita masih kurang, maka realisasi kita kemarin cuman 98 persen, padahal diberbagai kesempatan saya selalu mengingatkan untuk segera dilakukan, tapi kenyataannya tidak, bila SDM ASN kita sudah baik maka saya jamin realisasi APBD kita bisa 100 persen,” demikian bupati.(251)