Bupati Ajak Warga Kaur Input Data Secara Online

INPUT: Bupati Kaur Gusril Pausi bersama Wakilnya Hj Yulis Suti Sutri saat melakukan penginputan data menggunakan Hp dan dipandu langsung oleh Kepala BPS Kaur, di ruang kerjanya, Selasa (18/2).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kaur mulai melakukan sensus penduduk pendataan online (SP Online) periode bulan Februari hingga Maret 2020.Pendaftaran perdana dilakukan Bupati Kaur Gusril Pausi SSos MAP dan Wakilnya Hj Yulis Suti Sutri.

Dipandu Kepala BPS Kaur Ir Chamsyiah dan dibantu salah seorang stafnya, Bupati dan Wabup sukses melakukan pendaftaran Sensus Kependudukan secara online di ruang kerjanya, Selasa (18/2).“SP 2020 merupakan jembatan menuju satu data kependudukan Indonesia, yaitu sebuah kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu serta dapat dipertanggungjawabkan,” kata Bupati disela-sela acara penginputan data SP.

Dalam acara penginputan data yang dihadiri Sekda Kaur H Nandar Munadi MSi, Kepala Dukcapil, Bahrun Budiman SH serta Kepala Diskominfo Kaur, Asman Suhadi SP itu.Bupati mengajak seluruh masyarakat Kaur untuk melakukan penginputan data Sensus Penduduk online yang dimulai 15 Februari hingga 31 Maret 2020 dilaman sensus.bps.go.id.

Selain itu juga ia mengimbau OPD, Camat, Lurah dan Kades untuk mensukseskan sensus kependuduk secara online.Gusril juga berharap, jajarannya agar menyebarkan informasi hingga ke pelosok masyarakat pedesaan.“Saya sebagai Bupati Kaur mengajak seluruh masyarakat Kaur agar melakukan penginputan KK dan NIK dengan menggunakan Hp masing-masing. BPS telah menyiapkan web dan input data dengan memasukkan nomor NIK dan nomor KK, dan jangan sampai kita tidak terdata,” imbaunya.

Ditambahkan Gusril, ia berharap BPS Kaur beserta jajarannya agar dapat melaksanakan sensus penduduk dengan cepat dan tetap waktu. Juga bupati berharap agar semua pihak turut andil untuk menyukseskan sensus penduduk mulai dari tingkat desa dengan cara mengimbau masyarakat untuk memberikan data yang akurat.

“Ini merupakan tanggung jawab bersama dan bukan hanya BPS, untuk saya berharap kepada petugas BPS agar tidak mudah lelah menghadapi situai dilapangan dalam mengimput data ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPS Kaur, Ir Chamsyiah juga menyampaikan, ia mengharapkan dengan pengisian data perdana oleh bupati dan Wabup ini menjadi sosialisasi sekaligus memotivasi masyarakat Kaur untuk melakukan SP secara online. Dimana langkah pertama pengisian SP yakni masyarakat tinggal membuka situs resmi sensus penduduk di sensus.bps.go.id.

“Program SP ini berbeda dari yang lalu karena menggunakan dua cara yaitu pencatatan secara online dan offline sedangkan untuk yang online pada 15 Februari sampai 31 Maret 2020, dan offline bulan Juli 2020. Nah disini kita berharap partisipasi masyarakat dan juga dukungan dari pihak-pihak terkait dalam menyukseskan SP ini,” harapnya. (618)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*