Bupati Ajak Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk

IST/BE
SENSUS PENDUDUK : Bupati Benteng, Dr H Ferry Ramli SH MH bersama Kadis Kominfo Benteng, H Budiman Efdy W SE SIP MSi dan Kepala BPS Benteng, Teguh Iman Santoso SSI MSi foto bersama usai pertemuan membahas SP 2020, beberapa waktu lalu.

BENTENG, bengkuluekspress.com – Bupati Bengkulu Tengah (Benteng), Dr H Ferry Ramli SH MH mengajak seluruh masyarakat di seluruh desa/kelurahan se-Kabupaten Benteng untuk mensukseskan sensus penduduk (SP) yang dipelopori oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Disampaikan Bupati, masyarakat mesti berpartisipasi dan pro aktif selama SP berlangsung, yaitu pada tanggal 15 Februari hingga 31 Maret 2020.

“Masyarakat bisa berpartisipasi pada SP 2020. Caranya dengan mengisi data diri secara mandiri melalui sensus online (SO) dengan mengakses sensus.bps.go.id. Jika tidak, masyarakat diharapkan menyambut baik kedatangan petugas sensus dengan memberikan jawaban yang benar dan lengkap,” imbau Bupati.

Disampaikan Bupati, partisipasi masyarakat nantinya akan menghasilkan SP yang benar-benar akurat. Sehingga, hasil SP yang dilakukan oleh BPS bisa menjadi pedoman yang tepat bagi Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mengambil kebijakan. Baik itu untuk peningkatan mutu pendidikan, pembangunan infrastruktur serta sarana dan prasarana ataupun kebijakan lainnya.

“Informasi kependudukan akan menjadi dasar perencanaan dan evaluasi pembangunan. Dengan demikian, Pemda Benteng bisa mengambil kebijakan strategis yang berujung pada peningkatan kesejahtaraan masyarakat menuju Kabupaten Benteng yang lebih maju,” kata Bupati.

Sementara itu, Kepala BPS Benteng, Teguh Iman Santoso SSI MSi mengatakan, SP tahun 2020 akan dilakukan 2 (dua) tahap. Tahap pertama, SP online yang dilaksanakan sejak tanggal 15 Februari-31 Maret 2020. Melalui kesempatan itu, seluruh masyarakat Benteng diberikan kesempatan untuk mengisi form yang telah disiapkan melalui website SP yang disiapkan BPS. “SP online bisa dilakukan dengan menggunakan handphone (HP), laptop atau komputer yang terkoneksi dengan jaringan internet. Untuk masuk ke web, masyarakat harus menggunakan nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor KK,” terang Teguh

Setelah tahapan SP online berakhir, BPS akan melakukan SP lanjutan. Yaitu, SP dengan menggunakan metode wawancara langsung ke rumah warga. “Bagi yang belum mengisi data SP secara online, mereka akan didatangi secara langsung oleh petugas sensus dari BPS, “Lebih lanjut, Teguh mengungkapkan, SP tahun ini dilakukan dengan mempedomani data yang berawal dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Benteng. “Pada SP menggunakan metode wawancara, kami akan merekrut tenaga kontrak yang jumlahnya sebanyak 150 orang. SP wawancara akan berlangsung pada 1-31 Juli 2020,” tutupnya.(135/prw)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*