Bupati Ajak Lurah dan Kades

IST/BE
Bupati saat menghadiri kegiatan sosialisasi Universitas Pat Petulai Kepada Camat dan Kepala Desa/ Lurah Se-Kabupaten Rejang Lebong Senin (27/1) kemarin.

Sosialisasikan UPP

CURUP, bengkuluekspress.com – Bupati Rejang Lebong Dr. H. A Hijazi S.H., M.Si meminta para camat, lurah hingga Kades untuk membantu mensosialisasikan keberadaan Universitas Pat Petulai (UPP). Hal tersebut penting, agar masyarakat semakin tahu terkait dengan keberadaan UPP sendiri.

“Saya harap para camat, Kades dan Lurah bisa ikut mensosialisasikan keberadaan UPP yang merupakan salah satu universitas yang ada di Kabupaten Rejang Lebong,” pinta bupati saat menghadiri kegiatan sosialisasi Universitas Pat Petulai kepada Camat dan Kepala Desa/ Lurah se-Kabupaten Rejang Lebong, Senin (27/1) kemarin.

Dijelaskan bupati, hadirnya UPP di Kabupaten Rejang Lebong bukan karena keinginannya secara pribadi, namun lebih kepada keinginan dari Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong. Karena menurut bupati, dengan hadirnya UPP sendiri bisa membantu Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong untuk menghadirkan sumber daya manusia yang unggul untuk mendukung salah satu program dari pemerintah pusat.

“Dengan adanya UPP ini kita bisa berbangga dengan kabupaten lain di Provinsi Bengkulu ini, karena saat ini di Bengkulu hanya Rejang Lebong yang punya lima perguruan tinggi mulai dari IAIN, Poltek Raflesia, Akademi Komunitas, Poltekes Kemenkes hingga UPP,” sampai bupati.

Lebih lanjut bupati mengungkapkan untuk memberikan lapangan kerja bagi lulusan UPP, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong merencanakan akan menampung lulusan UPP khususnya yang lulusan bidang pertanian untuk dijadikan penyuluh pertanian. Dimana menurut bupati setelah mereka lulus nanti mereka akan diberi kontrak untuk menjadi penyuluh pertanian.

“Kita akan jadikan penyuluh pertanian untuk memberikan kesempatan mereka mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat di UPP, dengan harapan sembari bekerja mereka bisa mengembangkan ilmu mereka,” sampainya.

Bahkan menurut bupati, belum lama ini ada tujuh orang lulusan UPP yang menghadap dirinya, kemudian ia memberikan lahan seluas tujuh hektar untuk mereka kelola, dengan harapan mereka bisa menjadi lulusan UPP yang berkualitas serta mempunyai kemandirian dalam membangun ekonomi khususnya dibidang pertanian.

Sementara itu, Rektor Universitas Pat Petulai Prof Dr. Ir. Alnopri M.S mengungkapkan dalam mengembangkan UPP, saat ini manajemen UPP telah memiliki dua program yaitu jangka panjang dan jangka pendek.

Untuk jangka panjangnya yaitu dengan meningkatkan sumber daya manusia baik pendidik maupun tenaga pendidik. Ia mencontohkan baru-baru ini ada dua orang dosen dari UPP yang sudah lulus magister. Kemudian dalam waktu dekat ini ada tiga orang dokter yang akan dikuliahkan untuk meraih gelar doktor.

“Peningkatan SDM ini penting, karena kalau SDM pengelolanya baik maka dipastikan akan bermutu, saat sudah bermutu tersebut maka nanti dengan sendirinya masyarakat akan masuk tanpa ada keraguan untuk kuliah di UPP,” terangnya.

Kemudian untuk jangka pendeknya, pihaknya akan memberikan sejumlah kemudahan untuk masuk ke UPP, kemudian pihaknya akan terus menjalin jaringan untuk bisa menghadirkan beasiswa-beasiswa bagi mahasiswa UPP.

“Saat ini hadirnya UUP juga diharapkan bisa menjadi pilihan orang tua untuk mengkuliahkan anaknya, dengan anaknya masih bisa tinggal bersama mereka dan membantu mereka karena masih kuliah di Rejang Lebong ini,” ungkap Alnopri.(251)