Bunker Segi Enam,  Bukti Jepang Pernah Menduduki Bumi Ratu Samban

FOTO MEZI/BE – Bunker segi enam peninggalan Jepang di Desa Durian Daun, Bengkulu Utara, yang sudah terbenam ke dalam pasir akibat abrasi.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Meski relatif singkat, 3,5 tahun cukup membuktikan Jepang pernah menduduki Bumi Ratu Samban, Bengkulu Utara.

Hal ini terbukti masih ditemukannya bunker peninggalan Jepang di Desa Durian Daun Kecamatan Lais. Hanya saja kondisi bangunannya saat ini sudah tidak utuh. Sebab, bangunan yang terlihat dari jauh berbentuk segi enam tersebut setengah fisik bangunannya sudah terbenam ke dalam laut.

Menurut keterangan EF, warga Desa Durian Daun, bunker yang terdampar di bibir pantai tersebut dulunya berdiri utuh di daratan. Namun sekarang kondisinya sudah jatuh ke laut akibat abrasi.

“Itu bunker peninggalan Jepang dulu. Waktu itu posisi bunker masih di darat. Tetapi akibat abrasi, sedikitnya ada 3 bunker yang sudah jatuh ke laut. Saat ini ada 11 bunker lagi yang posisinya berada di daratan, namun tempatnya ada yang di Desa Durian Daun ada juga di Desa Dusun Raja. Bentuknya ada yang segi enam ada juga berbentuk kotak segi empat,” ujar EF.(cw1)