Bungkam Fulham 4-1, MU Mulus Melaju di Piala FA

giggsManchester United menghantam Fulham 4-1 di Old Trafford untuk melaju ke putaran kelima Piala FA, Sabtu (26/1) malam waktu setempat.

United bisa sampai di babak ini setelah dua kali menghadapi West Ham United. Ketika itu, Setan Merah ditahan 2-2 sebelum menang 1-0 melalui laga ulangan. Menghadapi Fulham, United rupanya tak mengalami kesulitan berarti meski menyimpan Robin van Persie di bangku cadangan. Pertandingan ini sekaligus menandai kembalinya Dimitar Berbatov untuk kali pertama ke Old Trafford setelah empat musim berseragam United.

Fulham sudah keteteran sejak pertandingan dimulai. Kesalahan Steve Sidwell memudahkan Wayne Rooney menciptakan peluang pertama dalam pertandingan. Beruntung tendangan Rooney masih melebar dari sasaran. Pada menit ketiga, Aaron Hughes menggapai bola dengan tangan saat berupaya mencegah Chris Smalling menyambut umpan Rooney. Penalti dengan baik dieksekusi Ryan Giggs.

Pada menit ke-21, United nyaris membukukan gol kedua. Rooney menyambut umpan Nani dengan tendangan menyusur tanah yang masih dapat diantisipasi Schwarzer. Rooney akhirnya berhasil mencatatkan nama di papan skor setelah menyambut umpan Anderson dengan penyelesaian tenang ke dalam gawang Mark Schwarzer. Gol itu terjadi lima menit usai jeda.

Setelahnya, United memegang penuh kendali pertandingan. Javier Hernandez melengkapi kejayaan tuan rumah dengan memborong dua gol tambahan. Sebuah tendangan akrobatik diperagakan Chicharito pada menit ke-52 untuk memperdaya Schwarzer. Empat belas menit berselang, Schwarzer kembali jadi pecundang setelah tendangan Chicharito menembus jala gawangnya. Kali ini bola sempat berbelok mengenai kaki Hughes.

Fulham hanya mampu membalas satu gol pada menit ke-77 setelah Hughes menyundul bola dari jarak dekat. Gol itu hanya menjadi penghibur bagi Fulham karena hingga pertandingan selesai kedudukan 4-1 untuk tuan rumah.

Kini United menunggu lawan di babak berikutnya.(**)