Bungai Bangkai di Jalan Flamboyan

RATU AGUNG, BE – Bunga Bangkai mekar di Jalan Flamboyan 1 No 41 RT 11 RW4 Kelurahan Kebun Kenanga.  Bunga yang juga biasa disebut ‘suweg raksasa’ atau ‘batang krebuit’ tumbuh dipekarangan warga kota sejak 2 bulan terakhir.  Dan pada hari Rabu, 14 November lalu, bunga ini sempat mekar sempurna dan mengeluarkan bau bangkainya yang menyengat.

“Awalnya yang tumbuh itu daun seperti yang terletak disebelahnya itu. Namun setelah saya tebang malah bunga bangkai ini yang tumbuh.  Tanaman ini tumbuh sekitar 2 bulan yang lalu. Hari Rabu siang kemarin sempat mekar sempurna dan bau busuknya nyengat banget. Tapi sejak hari Sabtu kemarin (17/11) bunga mulai menyusut,” kata Yunelti (42), warga yang memiliki pekarangan dimana bunga bangkai tersebut tumbuh.

Istri dari Herman Heri itu menambahkan, sejak diberitakan oleh stasiun TV lokal, ada orang dari Dinas Pertanian yang datang untuk melihat langsung bunga ini.  Setelah itu keesokan harinya bunga ini diberi jaring hitam oleh mereka dengan alasan agar tidak diganggu dan terawat dengan baik. Bunga ini kemudian kemarin sore dibongkar oleh dinas pertanian provinsi untuk dibawa kesalah satu pameran yang diadakan dalam rangka memperingati HUT Provinsi Bengkulu yang ke 44.

“Bunganya sudah dibawa oleh Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu. Katanya mau dipajang di salah satu stand yang mereka buka di Pantai Panjang supaya bisa dilihat langsung sama Plt Gubernur. Mungkin karena ketenaran dan keunikannya, bunga itu dianggap bisa ikut memeriahkan HUT Provinsi distand mereka. Kami sih terserah saja,” kata Yunelti lagi. (cw1)