Bunga Rafflesia Mekar di Mukomuko

Bunga Rafllesia jenis Kemumutensis mekar tergantung di akar pohon.

MUKOMUKO,bengkuluekspress.com– Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Mukomuko, Apriansyah mengatakan, ada bunga Rafflesia yang mekar di wilayah Kecamatan Pondok Suguh. Untuk memastikan jumlah yang tumbuh dan memastikan kawasan yang menjadi lokasi tumbuhnya Bunga Rafflesia itu tidak dirusak dan pihaknya segera turun ke lokasi.
“Kita segera cek ke lapangan, termasuk jika memungkinkan kita juga akan pastikan pula jenis bunga Rafflesia apa,” katanya.

Ia mengimbau, kepada masyarakat sekitar serta para pengunjung yang akan melihat bunga langka itu, untuk tidak merusak bunga dan habitat tumbuhnya, akan tetapi tetap menjaga kelestariannya.
Kades Air Berau Kecamatan Pondok Suguh, April ketika dihubungi via handphone menyampaikan, ada sejumlah bongkol bunga Rafflesia tumbuh di kebun warga di wilayahnya. Satu diantaranya sedang mekar sempurna. Kata Kades, orang pertama yang menemukan lokasi tumbuhnya bunga Rafflesia adalah Bapak Manto dan Ibu Desyta.
“Lokasinya berada di kebun warga yang bersangkutan,”katanya.

Dikatakan Kades, jarak lokasi tumbuh bunga Rafflesia itu dengan desa sekitar setengah jam perjalanan menggunakan kendaraan roda dua. Pihak pemerintah desa setempat berencana akan mengecek langsung ke lokasi Bunga Rafflesia yang mekar tersebut. Pihaknya ingin memastikan ada berapa bongkol bunga Rafflesia yang tumbuh dan berapa yang sudah mekar.
Kades juga mengimbau, kepada Masyarakat Air Berau dan sekitarnya, untuk tetap kelestariannya dan tidak merusak.
“Keberadaan bunga Rafflesia itu bisa menjadi daya tarik wisata bagi Desa Air Berau, untuk itu mari kita jaga bersama dan jangan di rusak,” ungkap Kades. (end)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*