Bunga Rafflesia Mekar di Kebun Warga Lebong

ERICK/BE
MEKAR: Salah satu bunga Rafflesia Arnoldi yang mekar di Desa Tik Tebing Kecamatan Lebong Atas Kabupaten Lebong.

LEBONG, bengkuluekspress.com – Ikon Provinsi Bengkulu bunga Rafflesia Arnoldi kembali mekar di Kabupaten Lebong. Tepatnya di salah satu kebun milik warga di Desa Tik Tebing Kecamatan Lebong Atas Kabupaten Lebong bernama Ismadi.
Sebelumnya ditempat yang sama, ada 1 bunga yang telah mekar di awal bulan Januari 2021 dan saat ini kembali ada 1 lagi bunga yang mekar sempurna. Bukan Hanya 1 bunga Rafflesia yang bakalan akan tumbuh namun setidaknya ada 13 bongkol bunga yang berdekatan akan mekar secara bergantian.
Sebelumnya beberapa tahun belakangan, memang ada bunga Rafflesia tumbuh di Kabupaten Lebong yang jaraknya berjauhan dengan bunga Rafflesia di Desa Tik Tebing. Akan tetapi bunga yang tumbuh hanya 1 kali atau tidak ada bongkol bunga lainnya, untuk kembali mekar ketika bunga yang satunya mati atau layu.

Salah seorang pengunjung dari Kota Bengkulu, Ardianto mengatakan, bahwa pada awalnya mengetahui ada bunga Rafflesia mekar di Kabupaten Lebong, sementara pada saat itu dirinya bersama teman-temannya memang berencana untuk mengunjungi Kabupaten Lebong, untuk sekedar berkeliling Lebong.
“Namun ketika di pinggir jalan ada tertulis bunga rafflesia mekar, untuk itulah kami langsung berhenti untuk melihatnya,” sampainya, Minggu (10/01).

Dirinya sangat mengagumi keindahan bunga Rafflesia itu sendiri, untuk itulah dirinya berharap kepada pemilik kebun serta masyarakat Lebong untuk bisa menjaga agar bunga Rafflesia bisa selalu tumbuh di kawasan tersebut, karena saat ini keberadaan bunga rafflesia yang tumbuh di alam sudah cukup jarang.
“Memang yang sering tumbuh di kawasan liku Sembilan Kabupaten Bengkulu tengah, tetapi di kabupatan lain memang sangat jarang,” ujarnya

Sementara itu, pemilik kebun tempat bunga Rafflesia mekar, Ismadi mengatakan, bahwa dirinya tidak menyangka kebun yang baru dibelinya lebih kurang 1 tahun yang lalu, bakal akan tumbuh bunga ikon Provinsi Bengkulu.
“Saya tidak menyangka ada bunga Rafflesia di kebun saya, bahkan bukan hanya 1 namun yang sempat kami hitung ada 13 bunga yang tumbuh secara berdekatan,” sampainya
Untuk itulah, dirinya bersama masyarakat setempat berinisiatif akan terus menjaga bunga Rafflesia bisa selalu mekar. Dimana saat ini baik bunga yang telah mekar maupun yang belum mekar, langsung diberi pagar agar tidak dirusak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab maupun hewan yang kebetulan melintas.
“Biar tidak rusak, kami pagar menggunakan bambu dan kami persilahkan bagi masyarakat yang ingin melihat,” ucapnya.(614)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*