Bunga Rafflesia Mekar di Arma Jaya

Bunga Rafllesia jenis Kemumutensis mekar tergantung di akar pohon.

ARGA MAKMUR, bengkuluekspress.com – Bunga Rafflesia merupakan parasit yang bisa tumbuh dimana saja. Seperti yang terjadi di Desa Tebing Kaning Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara (BU), Bunga Rafflesia jenis Kemumutensis yang berdiameter 30 cm, mekar sempurna menggantung di salah satu akar pohon.

Salah seorang anggota Komunitas Pecinta Puspa Langka (KPPL) Kabupaten BU, Efri, saat dikonfirmasi awak media mengatakan, bahwa bunga Rafflesia jenis Kemumutensis yang merupakan bunga asli Kabupaten BU telah mekar sempurna tergantung di akar pohon yang berada di Desa Tebing Kaning.

“Ya, mas bunga ini sudah mekar sempurna yang hampir sepekan mekar dengan diamter 30 cm,” kata Efri, kemarin (28/3).

Efri menambahkan, bahwa memang untuk kali ini bunga Rafflesia jenis Kemumutensis mekar tergantung di salah satu akar pohon. Menurutnya hal tersebut wajar, sebab bunga Raffleisia merupakan jenis tumbuhan parasit.

“Memang kalau mekar tergantung agak jarang ditemukan, namun bila dihitung, hal ini sudah kali kelima kami temukan bunga Rafflesia mekar tergantung seperti ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Efri menyampaikan, bahwa apabila pengunjung yang hendak melihat secara langsung, diharapkan dapat menghubungi pihak KPPL Kabupaten BU, sebab lokasi mekarnya bunga raksasa tersebut cukup jauh dan menempuh jalan yang cukup terjal.

“Bila masyarakat yang ingin melihat diaharapkan untuk dapat menghubngi pihak kita terlebih dahulu, lantaran untuk mencapai lokasi memang cukup jauh dan kondisi jalan yang cukup terjal,” tandasnya. (127)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*