Bunga Rafflesia Kembali Mekar

APRIZAL/Bengkulu EkspressTampak salah seorang pengunjung yang mengabadikan moment mekarnya bunga Rafflesia dengan berfoto.

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress– Bunga Rafllesia jenis Gadutensis kembali mekar di Kemumu. Ini adalah untuk kedua kalinya, dengan lokasi bersebelahan dengan posisi mekar sebelumnya. Lokasi mekar bunga ini berada di wilayah Talang Rais Kelurahan Kemumu atau di sebelah bunga Rafflesia yang sebelumnya telah mekar dan Minggu (16/6) ini merupakan hari keempat bunga asli daerah ini mekar.

Epri anggota Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Utara yang mengantarkan para pengunjung yang ingin melihat bunga ini mekar mengaku memang belum banyak yang berkunjung lagi, karena memang belum tahu mengenai informasi ini. “Baru beberapa orang saja yang telah datang dan melihat bunga Rafflesia yang mekar untuk kali kedua ini. Padahal ini masih waktu yang cukup baik untuk melihat bunga ini mekar sebelum kembali layu,” kata Epri.



Epri menambahkan, untuk menghindari kerusakan habitat bunga Rafflesia ini, pihaknya meminta kepada pengunjung yang ingin melihat agar berkunjung dengan bijak dan tetap menjaga kelestarian dari flora langka ini, agar bisa lebih banyak orang lagi yang bisa menikmatinya. Bahkan di sekitaran bunga yang tengah mekar ini telah tumbuh bonggol bunga yang baru, setidaknya ada dua buah, yang diperkirakan akan mekar dalam waktu 2 sampai 4 bulan kedepan.

“Kami sengaja memagar bunga yang kedua ini, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan dan juga dalam waktu dekat akan ada bunga Rafflesia yang akan mekar di wilayah Talang Rais ini,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang pengunjung, Septi Maemuna sangat mengagumi keunikan bunga Rafflesia Gadutensis, karena ini merupakan salah satu iconnya Provinsi Bengkulu. Bagi masyarakat yang ingin melihat keunikan bunga langka tersebut, diperkirakan masih dapat dinikmati hingga beberapa hari ke depan. “Bagi masyarakat pecinta puspa langka ini ingin melihat keunikannya, ayo buruan datang ke sini, soalnya waktunya tinggal beberapa hari saja,” tandasnya. (127)