BUMdes Sindang Jaya Rejang Lebong Kembangkan Kebun Pisang

Kades Sindang Jaya Andri Jendro Sujarno

CURUP, bengkuluekspress.com  – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Lestari Jaya Desa Sindang Jaya Kecamatan Sindang Kelingi Kabupaten Rejang Lebong melakukan pengembangan budidaya pisang.
Kades Sindang Jaya, Andri Jendro Sujarno menjelaskan, pembuatan kebun pisang tersebut merupakan pengembangan dari BUMDes yang selama ini telah ada.
“Sebelumnya BUMDes kita adalah Toserba atau toko serba,kemudian kita lakukan pengembangan ke kebun pisang,” sampai Jendro.

Untuk pembuatan kebun pisang tahap awal ini pihaknya menyiapkan lahan sekitar 2 hektare. Lahan yang akan dijadikan kebun pisang tersebut, menurut Jendro, adalah lahan tidur yang selama ini tidak digarap warga karena berada dilereng bukit dan rawa-rawa.
“Karena selama ini lahan tidur, sehingga kita berinisiatif untuk memanfaatkan dengan menanam pisang,” paparnya.

Menurut Jendro, saat ini masih dalam tahap penyiapan lahan. Kemudian jenis pisang yang akan mereka tanam nanti adalah pisang ambon putih dan pisang jantan. Bibit untuk pengembangan budidaya tanaman pisang ini berasal dari bibit lokal desa setempat.
“Dalam pengembangan kebun pisang ini kita belum menggunakan anggaran dari dana desa, rencananya baru kita anggarkan dari DD tahun depan,” aku Jendro.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dipilihnya budidaya pisang oleh BUMDes Lestari Jaya, menurut Jendro karena berbagai pertimbangan salah satunya karena perawatan dan budidaya pisang ini sangat mudah dan pisangnya termasuk tanaman yang tahan banting atau tahan dari berbagai penyakit.
Selain itu, saat ini harga jual pisang juga sudah sangat menjanjikan untuk pisang jantan saja sudah mencapai Rp 2 ribu per Kg sedangkan pisang ambon bisa sampai Rp 3 ribu per Kg. Sehingga menurutnya budidaya pisang saat ini cukup menjanjikan.
“Selain itu, kita pilih pisang karena untuk ketahanan pangan masyarakat kita terutama disaat pandemi ini, karena nanti pisang hasil pengembangan yang kita untuk masyarakat kita juga,” paparnya.

Lebih lanjut Jendro mengungkapkan, selain mengembangkan kebun pisang untuk diambil buahnya, kedepannya pihak Desa Sindang Jaya dan BUMDes juga berencana untuk pengembangan budidaya bibit pisang. Pengembangan BUMDes tersebut, menurutnya akan terus mereka lakukan untuk menambah pendapatan desa.
“Kita berharap dengan terus kita lakukan pengembangan BUMDes bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat kita,” harap Jendro.(251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*