Bulu Tangkis Ganda Putri Sumbang Emas

FOTO: Annisa M (kanan) dan Aisyah Nuraini (kiri)

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Satu mendali emas berhasil disumbangkan dari tim ganda putri cabang olahraga (cabor) bulu tangkis asal Provinsi Bengkulu dalam Porwil Sumatera X. Pertandingan sengit melawan tim ganda putri asal Provinsi Lampung Syalsabila dan Nur Aisyah itu, mampu ditaklukan oleh Annisa M dan Aisyah Nuraini dari Bengkulu dengan skor 2-1 di poin akhir 20 Bengkulu dan 12 Lampung.

“Rasanya senang sudah mampu menyumbangkan mendali emas untuk Bengkulu,” ujar Annisa M dan Aisyah Nuraini kepada BE, usai menerima mendali emas di GOR Universitas Bengkulu, kemarin (6/11).

Annisa mengatakan, pertandingan dengan Lampung di final itu sangat berat. Apalagi tim ganda putri asal Bengkulu menjadi penentu perebutan mendali emas. Sebab, tim ganda putra asal Bengkulu sudah terlebih dahulu gugur dalam babak semi final melawan Provinsi Riau dengan skor 3-2. “Awalnya sempat deg-degkan, karena menjadi pemain penentu. Pas menang seneng banget,” ungkapnya.

Dalam pertandingan dua set itu, Annisa sempat beberapa kali terjatuh dan stamina terus mengalami penurunan. Namun bantuan kuat dari Aisyah Nuraini mampu menyeimbangi kuatnya perlawanan dari ganda putri Lampung. Diakhir pertandingan ganda putri, Lampung harus iklas menerima mendali perak, lalu Jambi dan Riau mendapatkan mendali perunggu. “Tadi bolanya pelan banget, jadi kontrol tenaga menjadi ekstra,” papar Annisa.

Dengan berhasilnya tim ganda putri asal Bengkulu itu, maka dua putri terbaik asal Bengkulu di cabor bulu tangkis ini berhak mendapatkan tiket menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun depan di Papua. Aisyah Nuraini mengatakan, dirinya bersama Annisa akan mempersiapkan semakisimal mungkin dalam latihan menuju PON tahun depan. “Kami akan persiapkan itu, agar mendali emas bisa kami bawa pulang ke Bengkulu,” tuturnya.

Sementara itu, Official Cabor Bulu Tangkis Provinsi Bengkulu, Edi Sujatmiko mengatakan, mendali emas yang didapatkan itu memang sudah diprediksi awal. Sebab, pihaknya menargetkan mampu menyumbangkan dua mendali emas di cabor bulu tangkis untuk Bengkulu. “Target kita dua mendali emas,” ujar Edi.

Satu mendali emas lagi masih bisa didapatkan, meskipun tim ganda putra telah lebih dahulu gugur. Sebab, Bengkulu dari putra dan putri perorangan serta putra dan putri campuran masih melangsungkan pertandingan. “Emas bisa kita dapatkan lagi di tunggal putri,” paparnya.

Untuk tim putra baik tunggal maupun ganda, menurut Edi masih harus berjuang keras. Karena tim lawan memang kuat-kuat dari sisi permainan dan fisik. Total mendali di cabor bulu tangkis yang diperbutkan ialah 5 mendali emas, 5 perak dan 5 perunggu. “Semua pakai sistem gugur,” ujar Edi.

Disisi lain, Ketua Umum Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Provinsi Bengkulu, Suharto yang mengalungkan mendali emas untuk Bengkulu itu mengatakan, mengapresiasi semua permainan dari tim ganda maupun perorangan serta campuran asal Bengkulu. “Sisa pertandingan ini, mudah-mudahaan adek-adek kita mampu menyumbangkan emas lagi,” tutup Suharto. (151)