Bulog Jamin Stok Sembako Aman

Selama Ramadan hingga Lebaran

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Divre Provinsi Bengkulu menjamin persediaan stok kebutuhan pokok selama Ramadan 1440 Hijiriah aman dan terkendali. Hal ini mengingat Bulog telah menyiapkan beras, gula pasir, minyak gorang, tepung terigu, dan daging beku untuk masyarakat selama ramadan.

Kepala Divre Bulog Bengkulu, Defrizal mengatakan, pihaknya telah menyediakan berbagai kebutuhan pokok masyarakat untuk menghadapi Ramadan 1440 Hijriah. Yakni telah menampung sebanyak 9.500 ton beras berkualitas premium. Bahkan, dalam waktu dekat Bulog juga akan menambah lagi pasokan beras menjadi 500 ton.

“Kami sudah siapkan beras PSO dan komersil sebanyak 9.500 ton dan diperkirakan akan habis dalam 6 bulan ke depan, tapi kami akan tambah jadi 500 ton lagi agar persediaannya semakin banyak,” ujar Defrizal, kemarin (24/4).

Selain memastikan persediaan beras aman, Bulog juga meyakinkan masyarakat jika persediaan gula pasir di gudang miliknya masih tersedia hingga Ramadan ini. Bahkan tidak tanggung-tanggung, Bulog telah menyiapkan sebanyak 282 ton gula pasir. Jumlah yang cukup tinggi dibandingkan tingkat konsumsi gula masyarakat Bengkulu yang berada diangka 100 ton.

“Kita pastikan persediaan gula kita banyak, meski begitu masyarakat juga harus bijak dalam mengkonsumsi gula karena berisiko terserang diabetes kalau berlebihan,” tutur Defrizal.

Selain gula pasir, Bulog juga sudah menyediakan banyak minyak goreng digudang miliknya. Setidaknya ada sebanyak 897 liter minyak goreng yang dapat dibeli oleh masyarakat Bengkulu dengan harga Rp 12.500 per liternya.
“Kita sudah siapkan minyak goreng berkualitas dengan harga yang murah, jadi akan membuat Ramadan tahun ini semakin ceria,” ujar Defrizal.

Beberapa kebutuhan pokok lainnya seperti tepung terigu dan daging beku juga tidak luput dari antisipasi Bulog menghadapi ramadan tahun ini. Sebanyak 8990 Kg tepung terigu dan 17,8 ton daging beku sudah disiapkan Bulog.”Dari pasokan tersebut juga, kita juga siap menambahkan jika jumlahnya mencapai angka cadangan minimal menjelang lebaran,” kata Defrizal.

Untuk itu, ia meminta masyarakat di Provinsi untuk tetap tenang dan tidak perlu khawatir dengan ketersediaan bahan pokok selama Ramadan dan Lebaran. Apalagi harga bahan pokok yang dijual oleh Bulog juga terbilang terjangkau dan mudah didapatkan.”Kami menjamin pasokan bahan pokok aman dan untuk menekan lonjakan harga di pasar kami juga akan melakukan Operasi Pasar murah,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Disperindag Provinsi Bengkulu, Lierwan SE mengatakan, pihaknya menjamin ketersediaan bahan pokok aman di Bengkulu. Sementara untuk mengantisipasi lonjakan harga pangan di pasar, pihaknya akan melakukan operasi pasar di beberapa titik. “Setiap ramadan kita pasti lakukan operasi pasar, itu semua dilakukan untuk mencegah lonjakan harga pangan dipasar,” tutupnya.(999)