Bulog Gelar OP Sembako

ARY/BE – Kepala Cabang Bulog Rejang Lebong saat memimpin langsung kegiatan KPSH di Pasar Atas Kota Curup Selasa (24/9) kemarin.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Guna menjaga stabilitas harga sejumlah Sembako di Kabupaten Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang, Kantor Bulog Cabang Rejang Lebong menggelar operasi pasar dalam rangka menjaga Ketersediaan Pasokan dan Stabilitas Harga (KPSH).

Dalam kegiatan KPSH Bulog Cabang Rejang Lebong menjual mulai dari beras medium dan premium, gula pasir, minyak goreng hingga tepung terigu dan daging beku. Untuk Selasa (24/9) kemarin kegiatan KPSH dilaksanakan Bulog Cabang Rejang Lebong didua titik.

“Guna menjaga stabilitas harga pangan, mulai hari ini kita menggelar KPSH, dimana hari ini kita laksanakan di Pasar Atas dan Pasar De Kota Curup,” sampai Kepala Cabang Bulog Rejang Lebong, Muhammad Ade Saputra saat dikonfirmasi dilokasi KPSH di Pasar Atas Kota Curup.

Dijelaskan oleh Ade, kegiatan KPSH selama ini sudah dilaksanakan Bulog Cabang Rejang Lebong salah satunya yaitu outlet yang ada di Jalan Sukowati Curup. Hanya saja untuk kegiatan besar-besar baru dimulai kemarin sesuai dengan arahan dari Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso. Dimana menurutnya kegiata tersebut dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia. “Kegiatan ini masih kita lakukan di seluruh Indonesia sesuai arahan dari Dirut kami Pak Budi Waseso. Dengan adanya kegiatan ini, kami hadir ditengah-tengah masyarakat sesuai tagline yaitu BUMN hadir untuk negeri,” sampainya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kegiatan KPSH tersebut dilaksanakan mulai pukul 06.00 WIB hingga siang hari. Untuk Bulog Cabang Rejang Lebong sendiri, kegiatan tersebut akan dilaksanakan di beberapa lokasi termasuk di Kabupaten Kepahiang dan Lebong yang menjadi wilayah kerja Bulog Rejang Lebong.

Sementara itu, untuk harga Sembako yang mereka jual yaitu untuk beras mediaum diharga Rp 8.600 per Kg, kemudian untuk beras premium kemasan 5 Kg diharga Rp 53 ribu, kemudian daging beku Rp 80 ribu per Kg, gula pasir Rp 12 ribu per Kg, tepung diharga Rp 8.500 per Kg dan minyak goreng diharga Rp 12 ribu per Kg. “Untuk beras medium kita menyediakan dua jenis beras yaitu beras lokal dan beras impor dari Pakistan, sehingga masyarkat yang ingin membeli beras medium bisa memilih apakah mau beras impor atau lokal,” paparnya.

Sesuai dengan tujuan dari program KPSH sendiri yaitu untuk stabilitasi harga, maka menurut Ade harga yang mereka berikan tersebut harga yang relatif murah bahkan lebih murah dibandingkan dengan harga pasaran dengan kualitas yang sama.

Ia mencontohkan untuk beras premium saja untuk ukuran satu cupak atau ukuran yang umum digunakan masyarakat untuk membeli beras yaitu sekitar 1,6 liter ada diharga Rp 14 ribu, sedangkan dengan beras kualitas yang sama harganya bisa mencapai Rp 18 ribu sampai Rp 19 ribu per cupak.
“Kami berharap dengan kegiatan ini bisa membantu masyarakat kita untuk mendapatkan sembako yang berkualitas dan harga yang terjangkau,” harap Ade. (251)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*